Pameran Bonsai di Sambas, Diikuti Dari Berbagai Daerah Hingga Kepulauan Riau


Bupati Sambas, Satono didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Sambas, Yunisa Satono menghadiri penutupan pameran dan kontes bonsai perdana se-Kalimantan yang digelar oleh Perhimpunan Penggemar Bonsai Indoensia (PPBI) Cabang Kabupaten Sambas, Minggu (31/7/2022).


Pameran dan kontes bonsai tersebut diikuti oleh penggemar bonsai dari berbagai daerah, salah satu yang paling jauh adalah Natuna, Kepulauan Riau. Hadiah yang diberikan kepada pemenang cukup besar yakni satu unit sepeda motor Honda Vario.


Bupati Sambas, Satono mengatakan, para penghobi bonsai di Kabupaten Sambas harus bisa berkolaborasi dengan semua pihak agar bonsai bisa dijadikan sarana untuk menumbuhkan geliat ekonomi kreatif masyarakat. 


"Saya minta PPBI Cabang Sambas ini tidak sekedar bikin pameran dan kontes sesama mereka saja, tapi bagaimana menggaet masyarakat agar terlibat langsung dari segi ekonomi kreatifnya, sehingga dengan menyukai bonsai ada dampak ekonominya," kata Bupati Satono.


Sementara Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas, sekaligus Ketua Perhimpunan Penggemar Bonsai Indoensia (PPBI) Cabang Sambas, Anwari mengatakan, keberhasilan pameran dan kontes bonsai tersebut tidak lepas dari peran serta PPBI Cabang lain di kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.


"Kita ada lima cabang PPBI yang mudah-mudahan dapat berkembang di kabupaten dan kota lain di Kalbar. Mudah-mudahan pameran dan kontes bonsai ini bisa dilaksanakan setiap tahun. Dan tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan di kabupaten dan kota lain juga," katanya.


Anwari mengatakan, pameran dan kontes bonsai tersebut diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat luas terhadap bonsai. Minimal mereka bisa menanam bahan-bahan bonsai di pekarangan rumah masing-masing.


"Dari segi ekonomi, masyarakat bisa saja menanam bahan bonsai di pekarangan rumah. Karena bahan bonsai itu punya nilai tinggi. Bonsai yang sudah juara itu nilainya sangat mahal sekali, karena membuatnya tidak mudah, masing-masing punya karakter," pungkasnya.


Sumber : Humas Kab. Sambas 

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .