Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lantamal XII Ikut Tanam Bibit Mangrove Secara Serentak Seluruh Indonesia


Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada 26 Juli Lantamal XII ikut aktif menanam bibit mangrove serentak di 77 Wilayah di Indonesia  bertempat dipantai Pelabuhan Kijing desa Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (26/07/2022).


Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)  menghadiri acara penanaman mangrove dan mengikuti secara virtual dari tempat acara berlangsung di Tanjung Pasir Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tanggerang Provinsi Banten. Penanaman mangrove tersebut mengangkat tema “Dengan Semangat Hari Mangrove  Sedunia Kita Tumbuhkan Mangrove Di 77 Titik Jajaran TNI AL di Seluruh Indonesia".


Penanaman Mangrove Nasional yang  dilaksanakan secara serentak merupakan rangkaian HUT RI ke-77 Tahun 2022, Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal,  26 Juli serta dalam rangka menyambut Forum Kerja Sama Multilateral (G20) Indonesia 2022, yang juga merupakan Program Kerja TNI AL tahun anggaran 2022 tentang Kegiatan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut dengan tema "Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA. 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim Dan Cuaca Global”  dengan motto “The Mangroves Save Our Earth”.


Maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk mendukung program pemerintah, memberikan wawasan dan kesadaran kepada Masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut yang diarahkan pada penyiapan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negara dengan sasaran tercapainya RAK juang yang tangguh dalam rangka mewujudkan pertahanan Negara, menumbuhkan kesadaran pentingnya pelestarian dan terpeliharanya hutan mangrove bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ketahanan wilayah serta terwujudnya kerja sama yang baik antar komponen bangsa serta terjalinnya kemanunggalan TNI AL dan rakyat.


Sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono S.E.,M.M untuk melaksanakan penanaman mangrove secara serentak di 77 lokasi di wilayah Indonesia. Kegiatan ini terpusat  dihadiri oleh menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dan beberapa duta negara sahabat di desa Tanjung Pasir kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. 


Dalam sambutan Kasal mengatakan, penanaman mangrove secara serentak dilaksanakan oleh jajaran TNI Angkatan Laut di 77 lokasi wilayah Indonesia, merupakan upaya menyikapi sering terjadinya bencana alam, tanah longsor dan bencana banjir yang hampir terjadi di seluruh negara di bumi, maka sepatutnya intropeksi dan berbenah diri terhadap lingkungan kita laksanakan bersama.


"Rusaknya hutan pantai (mangrove) sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan maupun resiko terjadinya bencana seperti tsunami tahun 2005 di wilayah Aceh. Hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang bisa mengikis daratan pantai," katanya.


"Untuk itu pada hari ini dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia dan menyambut HUT kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 jajaran TNI AL melaksanakan penanaman mangrove dengan tema melalui sinergitas penanaman mangrove Nasional secara serentak TA. 2022, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program penanggulangan bencana dan perubahan iklim global," pungkas Laksamana TNI Yudo Margono.


Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah pusat maupun daerah, dalam memberikan wawasan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut.


Sumber : Dispen Lantamal XII

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .