Semprot Hama Wereng Padi, Babinsa Koramil Toho Dampingi Poktan Sido Makmur


Babinsa Desa Sambora, Koramil 1201-05/Toho, Kopda Sugiono, melaksanakan pendampingan kelompok tani dengan membantu penyemprotan hama padi Wereng di Desa Sambora, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Selasa (26/7/2022).


Disela kegiatan, Kopda Sugiono mengungkapkan, bahwa penyemprotan tersebut dilakukan untuk membantu kelompok tani, untuk mengantisipasi serangan hama wereng terhadap tanaman padi di wilayah desa binaannya.


"Kita lebih baik mencegah sebelum hama wereng menyerang tanaman padi karena tanaman padi merupakan salah satu penghasil pangan di Desa Sambora. Jika tidak diantisipasi secepatnya, bisa mengakibatkan petani gagal panen,” jelas Kopda Sugiono.


Sugiono juga memberikan motivasi kepada petani, agar lebih semangat dalam pemberantasan hama wereng dan meningkatkan Swasembada Pangan di desa Sambora.


“Selain membantu melakukan penyemprotan tanaman padi, Kami selaku Babinsa juga secara rutin melakukan sosialisasi untuk mengajak para petani, proaktif menanggulangi serangan hama wereng serta hama tanaman padi lainnya," ungkapnya.


Sementara itu Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman - Pengendali Hama Penyakit (POPT-PHP) Kecamatan Toho, Didi Muhidi, SP. Menambahkan, untuk mengendalikan padi dari serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi dari hama yang tepat dan benar.


“Teknik penyemprotan merupakan salah satu kegiatan dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit, untuk mengoptimalkan dalam pertumbuhan tanaman padi agar tumbuh dengan baik,” tambah Didi Muhidi, SP.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)












0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .