Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) menghadiri sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah1443 H / 10 Juli 2022 yang diselenggakan oleh Panitia Hari Raya Idul Adha 1443 H Lantamal XII bertempat di halaman gedung Mako Satrol, Jalan Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Barat Kota Pontianak, Minggu (10/7/2022).


Pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 H bertempat di halaman gedung Mako Satrol Lantamal XII dimulai pukul 07.00 Wib dengan menghadirkan Imam dan Khotib Al Ustadz Habib Muhammad bin Yahya Al Hadad dengan tema "Menumbuhkan Kepedulian Sosial", juga dihadiri oleh Pejabat Utama, Dansatrol, Kakuwil, Kadis/Kasatker dan keluarga besar prajurit Lantamal XII, prajurit Yonmarhanlan XII serta masyarakat sekitar kantor Mako Satrol yang ikut melaksanakan sholat Hari Raya Idul Adha 1443 H.


Dalam khutbahnya, Khatib Al Ustadz Habib Muhammad bin Yahya Al Hadad menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, "Alhamdulillah di hari yang penuh kemuliaan ini kita dapat berkumpul bersama dihalaman gedung Mako Satrol Lantamal XII ini untuk melaksanakan ibadah Sholat Hari Raya Idul Adha 1443 H. Hari Raya Idul Adha ini merupakan hari yang besar dan begitu Agung, berjuta-juta umat hari ini bertakbir dengan semangat mengucapkan kalimat Tauhid mengumandangkan kebesaran Asma Allah SWT, " ucap Ustadz Habib Muhammad bin Yahya Al Hadad.


"Sholat pada Hari Raya Idul Adha ini untuk melaksanakan perintah Allah SWT sekaligus mengenang peristiwa ketaatan Nabi Ibrahim AS. terhadap perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail AS. Peristiwa tersebut hendaknya menjadikan teladan bagi kita semua untuk selalu melaksanakan perintah Allah SWT sebagaimana ketaatan Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As kepada Allah SWT. Kita hendaknya membela agama Allah sesuai dengan kemampuan kita, jangan hanya diam ketika agama dan Nabi Muhammad SAW dihina-hina oleh orang-orang yang dzalim," lanjutnya.



"Sadarlah dan jagalah keluarga kita akan ancaman api neraka. Selama kita masih ada di dunia maka pintu ampunan Allah masih terbuka lebar untuk kita umat Islam. Untuk itu mari kita dekatkan diri kepada Allah serta selalu melaksanakan perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Bagi kita yang mampu, mari kita mengeluarkan sedekah hewan qurban, karena Nabi Muhammad SAW telah memperingat kita, barang siapa yang mampu hendaklah melaksanakan berqurban, tapi kalau mampu tetapi tidak mau berqurban maka ia kelak akan mati dalam keadaan kafir," nasihat yang disampaikan Usadz Habib Muhammad bin Yahya.


Selesai melaksanakan sholat Idul Adha Komandan beserta Ustadz dan PJU, Kadis, Kasatker serta seluruh prajurit Lantamal XII dengan keluarga melaksanakan ramah tamah di gedung Malahayati sambil menikmati sarapan pagi.


Untuk tahun ini, Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, hewan qurban yang berhasil dikumpulkan oleh Panitia Qurban Lantamal XII sebanyak 7 (tujuh) ekor sapi dan 2 (dua) ekor kambing.


Danlantamal XII, Laksma TNI Suharto, S.H., M. Si (Han) secara simbolis menyerahkan seekor sapi atas nama Danlantamal beserta Keluarga kepada Panitia Qurban Lantamal XII untuk disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Pontianak dengan disaksikan langsung oleh Danlantamal XII beserta PJU dan Kadis yang turut hadir juga di RPH Jalan Pelabuhan Rakyat Pontianak Barat.


Kegiatan perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H / 2022 M sesuai dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu “Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian sebagai Prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL”.


Sumber : Dispen Lantamal XII
(Media Baru TVRI Kalbar)