Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H Menghadiri Upacara dan Ramah Tamah dalam rangka Memperingati Hari Jadi Ke- 63 Tahun 2022  Kota Mempawah, yang mengusung tema "Semangat Kebersamaan Mewujudkan Kabupaten Mempawah Berdaya Saing, Cerdas, Mandiri dan Terdepan" di Kantor Bupati Kabupaten Mempawah, Senin (4/7/2022).


Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H. menyampaikan bahwa nantinya Kabupaten Mempawah akan mempunyai pembangunan yang akan mendongkrak perekonomian yaitu salah satu dengan terbangunnya Pelabuhan Internasional Kijing.


"Seluruh stakeholder baik dari Pemimpinnya, Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta masyarakat seluruhnya untuk menjaga kekompakan serta jangan saling menjelekan apalagi dalam media sosial. Yang namanya kita membangun tetap ada kekurangan,  apalagi kita selama 2-3 Tahun menghadapi Covid-19," jelasnya.


Untuk itu, Wagub Kalbar berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah untuk selalu menjaga kekompakan/Kebersamaan antara masyarakat dan Pemerintah harus bekerja sama dengan sebaik-baiknya untuk membangun Kabupaten Mempawah.


"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Mempawah yang ke-63 Tahun, semoga Kabupaten Mempawah mendapat keberkahan maju, cerdas dan terdepan," ucap Wagub Kalbar.


Sementara itu, Bupati Kabupaten Mempawah, Hj. Erlina, S.H., M.H mengatakan bahwa dengan segera beroperasinya Pelabuhan Internasional dan kawasan ekonomi di Kabupaten Mempawah  tepatnya di areal Pelabuhan Internasional Kijing, sejatinya menjadi pintu gerbang bagi kita untuk memiliki masa depan bagi perkembangan dan kemajuan Kabupaten Mempawah.


Dengan peringatan hari bersejarah bagi Kabupaten Mempawah dapat menjadi momentum evaluasi terhadap apa yang telah kita sumbangkan untuk Kabupaten Mempawah, khususnya bagaimana usaha kita bersama untuk berupaya mendorong Kabupaten Mempawah menjadi daerah yang maju dan berkembang sehingga dapat memiliki daya saing daerah.


"Akan menjadi sangat penting bagaimana kita mengambil sikap dan tanggung jawab ini untuk memanfaatkan seluruh potensi besar yang ada dihadapan kita, jangan sampai kita tidak mengambil langkah apapun dan hanya menjadi penonton," ungkap Bupati Mempawah.


Usai upacara, rangkaian acara peringatan  Hari Jadi Kabupaten Mempawah dilanjutkan dengan peninjauan ribuan tambol/kue tempo dulu (tradisional).


Sebagai informasi, Pelaksanaan Upacara dirangkaikan dengan penyerahan juara lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Mempawah Tahun 2022 :

- Juara Lomba Desa.

1. Desa Duri II Kecamatan Sungai Kunyit 

2. Desa Peniti Luar Kecamatan Jungkat 

3. Desa Pantek Kecamatan Sadaniang.

4. Desa Penibung Kecamatan Mempawah Hilir.

5. Desa Kecurit Kecamatan Toho.

6. Desa Bakau Besar Darat Kecamatan Sungai Pinyuh.

- Juara Lomba Kelurahan.

1. Kelurahan Terusan Kecamatan Mempawah Hilir


Usai upacara Wagub Kalbar didampingi para hadirin meninjau tampilan ribuan tambol/kue tempo dulu (tradisional).(irf/sma)


Sumber : Adpim Prov. Kalbar

(Media Baru TVRI Kalbar)