Upaya Buka Jalur Penerbangan Perintis, Lanud Had Laksanakan Uji Coba Landing Dan Takeoff Pesawat Cessna


Komandan Lanud Harry Hadisoemantri Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, SH.,M.Han., meninjau saat uji coba Landing dan Takeoff pesawat Cessna C208B Caravan di Runway Lanud Harry Hadisoemantri, Sanggau Ledo, Kalimatan Barat, Kamis (4/8/2022). 


Dilaksanakannya uji coba tersebut sesuai rencana dibukanya jalur penerbangan pesawat perintis daerah ini.

Pangkalan TNI Angkatan Udara Harry Hadisoemantri memiliki runway sepanjang 900 meter dan lebar 30 meter. Selain itu, Lanud Harry Hadisoemantri juga mempunyai operator ATC, operator meteorology dan juga mempunyai fasilitas sudah lebih dari cukup dan layak.


Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, SH.,M.Han., usai pelaksanaan uji coba Landing dan Takeoff pesawat Cessna C208B Caravan tersebut menyatakan, dari sisi infrastruktur khususnya landasan tidak perlu ada penambahan. Menurutnya, fasilitas serta kesiapan dan dukungan operasional penerbangan sudah cukup standar.


"Untuk landasan tanpa harus menambah, sehingga hanya memanfaatkan saja fasilitas yang sudah ada. Kita juga mempunyai Appron yang dapat memuat tiga pesawat", ujarnya.


Mewakili warga dari Bengkayang, Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, SH.,M.Han., berharap kedepannya wilayah ini dapat memiliki jalur penerbangan perintis, yang menjadi penghubung antar kota yang ada di wilayah Kalimantan Barat.


"Awal kita bisa merintis kegiatan penerbangan dari Bengkayang ke Pontianak atau sebaliknya. Tidak menutup kemungkinan dapat memiliki rute yang lain", harapnya menambahkan.


Hadir pada kegiatan tersebut, Sekda Bengkayang, Obaja, S.E., M.Si., Ketua DPRD diwakili Junaidi., S.Pi., Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K.,M.H.,M.M., Kadishub Bengkayang diwakili Sekretaris Dinas, Deomedes, S. Sos., M.Si., Pimpinan PT Smart Cakrawala Aviation dan l Forkompinda Bengkayang.


Sumber : Pen Lanud HAD
(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .