Bupati Sambas, Satono, dan Gubernur Kalbar, Sutarmidji, menghadiri pembukaan Majelis Tilawatil Quran (MTQ) IX tingkat Kecamatan Sambas, di Desa Saing Rambi. 


Bupati Satono mengatakan, setiap desa harus mengirimkan perwakilannya untuk ikut MTQ tingkat kecamatan supaya tujuan penjaringan yang dilakukan pantai pelaksana bisa berhasil. Di mana selanjutnya mereka yang lolos akan kembali diseleksi di tingkat kabupaten hingga ke provinsi.


"Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini, siapapun yang merasa dirinya layak ikut seleksi, harus berani tampil dalam ajang MTQ tingkat kecamatan ini, supaya bisa berpartisipasi di tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional," katanya. Kamis (29/09/2022) 


Bupati Satono mengatakan, walaupun itu MTQ tingkat kecamatan, tapi yang hadir adalah Gubernur Kalbar. Dia mendoakan, semoga seluruh rangkaian kegiatan MTQ tersebut berjalan lancar dan mendapat ridha dari Allah SWT.


"Sudah sering saya sampaikan, 86 persen populasi penduduk Sambas beragama Islam. Populasi penduduk Sambas adalah terbesar kedua di Kalbar setelah Kota Pontianak. Maka sangat wajar, maju mundurnya Kalbar, salah satu penentunya adalah masyarakat Sambas," katanya.



Bupati Satono mengatakan, Kecamatan Sambas adalah ibukota Kabupaten Sambas. Dia berharap, MTQ yang dilaksanakan tersebut bisa menjadi role model bagi kecamatan lain yang ada di Kabupaten Sambas. 


Selain itu, Camat dan seluruh Kepala Desa harus siap menjadi contoh bagi yang lain. Disamping mencari bibit dan bobot yang unggul, terbaik dalam membaca Alquran, sebagai persiapan MTQ tingkat kabupaten dan provinsi awal November 2022 nanti. 


"Ini juga momen syiar Islam. Maka sewajarnya ini dimeriahkan oleh kita yang mayoritas umat Islam. Kita harus mengembalikan kejayaan di tahun 90han, di mana setiap anak muda bisa membaca Alquran," pungkasnya.


Sumber : Humas Kab. Sambas
(Media Baru TVRI Kalbar)