Danlantamal XII/ Pontianak Ikuti Acara SILABIS - ISMI ke-14 di Kalimantan Barat



Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII/Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M. Si.(Han) mengikuti acara Pembukaan Silaturahmi Bisnis (SILABIS) Nasional Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia (ISMI) ke-14 di Hotel Golden Tulip Kota Pontianak Kalimantan Barat yang dibuka Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C) K.H. Maruf Amin, Rabu (23/11/2022).


Acara ini diawali dengan persembahan Seni Budaya Kalimantan Barat, yang dilanjutkan dengan sambutan Ketua Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Bapak H. Sukiryanto, bahwa, ISMI merupakan kamar dagang yang dibentuk oleh ormas besar muslim NU, Muhammadiah, Ikatan Cendekiawan Muslim dan MUI, hal ini merupakan kekuatan kita untuk memperkuat ekonomi untuk memajukan UMKM.


"Dimana terdapat 45 program dari ISMI, dan rencana pada tanggal 24-26 akan study banding dengan pengusaha Melayu Serawak yang difasilitasi oleh konsulat, dan dalam kesempatan itu kami akan menggali potensi antara Kalimantan Barat dan Serawak Malaysia," jelas Sukiryanto.



Sementara itu, sambutan dari Ketua Umum Majelis Pengurus Pusat Ikatan Saudagar Muslim se- Indonesia, Ilham Akbar Habibie mengatakan, cukup banyak peluang dan potensi di wilayah Kalimantan Barat yang in-sya Allah ISMI dapat mewujudkannya.


"Saya selalu menekankan terkait kita sebagai seorang muslim harus punya perilaku yang baik selaku orang bisnis yang punya etika dan nurani yang baik, fokus dengan program ISMI yaitu di UMKM, dimana 99 % di Indonesia melalui UMKM," ucap Ilham Akbar Habibie.


“Banyak sekali inovasi serta teknologi di Kalimantan Barat yang bisa dikembangkan sebagai produk supaya punya nilai harga dan nilai jual yang baik, teknosa (teknologi, inovasi, dan kewirausahaan) merupakan satu mata rantai yang tidak boleh putus mencari inovasi sebagai solusi serta tantangan kebutuhan dimasa yang akan datang,”ucapnya lagi.


Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., juga menyampaikan terimakasih atas pelaksanaan Silabis ISMI, semoga kegiatan ini bisa semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi khususnya di Kalimantan Barat.

 

“Perlu diketahui di sektor Pariwisata, Kalimantan Barat memiliki pantai yang sangat bersih dan nomor dua terpanjang di dunia, sedangkan di sektor pertambangan, kita dapat mengubah bauksit mentah menjadi bahan setengah jadi, selain hal tersebut Kalimanatan Barat juga penghasil buah-buahan yang cukup besar yang perlu diolah menjadi nilai tambah tersendiri bagi masyarakat setempat,” jelas Gubernur Kalbar H. Sutarmidji

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan video profil program usaha unggulan ISMI Kalimanatan Barat.



Selanjutnya sambutan Wakil Presiden Wakil Presiden RI. Prof. Dr. (H.C) K.H. selaku ketua pembina ISMI mengatakan bahwa, dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil, ia memberikan dukungan yang kuat sebagai wadah dari penguatan pengusaha muslim di Indonesia. Wapres RI juga sangat bangga terdapat langkah langkah dalam pemberdayaan masyarakat untuk menghilirisasi produk-produk di daerah seperti buah-buahan.


“Indonesia dikaruniai banyak sekali Sumber Daya Alam, kita punya produk pertanian, pertambangan, perikanan, daerah wisata dan untuk itu kita harus memanfaatkan produk-produk secara optimal," lanjutnya.


“ISMI terus menyerukan pembangunan ekonomi yang inovatif, inklusif dan kolaboratif yang patut kita dukung sejalan dengan membangun ekonomi keumatan, butuh kontribusi aktif para saudagar muslim di seluruh Indonesia, ISMI harus terus mengoptimalkan dalam mendukung ekonomi pulih lebih cepat dan lebih kuat," pungkasnya.


Kegiatan ini selaras dengan salah satu arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara."


Acara ini dihadiri oleh Forkopimda Kalbar, Gubernur Kalimantan Barat, Kajati Kalbar, Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Pangdam XII/ Tanjungpura, Kapolda Kalbar, Danlantamal XII/Pontianak, Danlanud Supadio, Ketua umum ISMI Pusat, Konsulat Malaysia dan Ketua MUI Kalbar.


Sumber : Dispen Lantamal XII
(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .