Latihan Keamanan Laut Tahap II TA. 2022 Resmi di Tutup Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso



Wakil Komandan Lantamal XII Pontianak Kolonel Marinir Budiarso, S.E., mewakili Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) menutup Latihan Keamanan Laut (Latkamla) Tahap II TW IV TA. 2022 bertempat di Mako Lantamal XII Jalan Raya Wajok KM 17 Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, Rabu (23/11/2022).


Pelaksanaan Latihan Keamanan Laut (Latkamla) sudah berlangsung selama 3 hari dari tanggal 21 sampai dengan 23 November 2022, diikuti oleh 99 personel Lantamal XII yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama yang bertugas di KAL dan pengawak Pos Angkatan Laut (Posal) dengan tenaga pengajar dari Perwira Dinas Hukum, Staf Operasi dan Perwira KRI Lantamal XII.

Adapun materi yang diberikan dalam Latkamla Tahap II 2022 tentang Dokumen yang harus ada di Kapal, Peraturan Perundang-undangan tentang Pelayaran, Peraturan Perundang-undangan tentang Perikanan, Praktek Pemberkasan KRI, Praktek Pemberkasan Pangkalan dan diakhiri evaluasi. Sebagai Papelat dalam Latkamla II TW IV TA. 2022. dipercayakan kepada Kadiskum Lantamal XII Letkol Laut (H) Nur Rohman, S.H., M.Tr. Opsla.


Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XII menyampaikan, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Pontianak merupakan salah satu komponen utama pertahanan negara di laut dengan wilayah kerja yang meliputi perairan selat Karimata yang dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I), Laut Natuna dan Perairan perbatasan dengan negara Malaysia yang memiliki potensi munculnya pelanggaran Kedaulatan dan Hukum di laut sehingga diperlukan latihan keamanan di laut yang dilaksanakan rutin setiap tahun.



"Untuk meningkatkan kemampuan personel Lantamal XII, kesamaan pola pikir dan pola tindak dalam pelaksanaan tugas Operasi Keamanan Laut secara profesional dan proporsional maka digelar Latkamla TA. 2022. Kegiatan ini merupakan upaya TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII untuk mendukung program dalam membina kemampuan sumber daya manusia (SDM) Pengawak KRI/KAL serta Posal," lanjutnya.


Dalam Latkamla ini prajurit dibekali dengan teknik penanganan tindak pidana dilaut, prosedur Jarkaplid, tata cara penghentian dan pemeriksaan kapal yang diakhiri denga praktek pemberkasan atau pembuatan Berita Acara Pemeriksaan.


"Dengan latihan ini diharapkan kemampuan dan kesiapan prajurit dalam menjalankan tugas dapat terlaksana dengan benar, sehingga dapat mendukung tugas TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII Pontianak," pungkasnya. 


Kegiatan Latkamla TA.2022 ini merupakan penjabaran dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono "Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman". Selaras juga dengan Sembilan Program Prioritas Kasal "Pembinaan Sumber Daya Manusia TNI Angkatan Laut."


Sementara itu, diakhir penutupan kelompok yang terbaik dari kegiatan Latkamla melaksanakan paparan dari hasil latihan pemeriksaan dan pemberkasan yang disampaikan oleh ketua kelompok Letda Laut (P) Tatang, disamping itu mendapatkan hadiah yang diserahkan langsung oleh Wadan Lantamal XII atas usaha keras untuk menjadi kelompok yang terbaik.


Sumber : Dispen Lantamal XII
(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .