Pembinaan potdirga  salah satunya menggiatkan olahraga dirgantara paralayang. Cabang olahraga dirgantara menggunakan parasut paralayang dan untuk take off atau lepas landas dibutuhkan bukit yang tinggi serta lokasi pendaratan. 


Pangkalatan TNI AU Harry Hadisoemantri membuka Pendidikan dan Pelatihan Paralayang, secara simbolis menyematkan tanda pita oleh Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Had Mayor Lek Darmawan Setyo N. yang mewakili Danlanud Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S.H., M.Han., kepada peserta diklat yang berjumlah 10 orang dari Prajurit Lanud Had. Acara tersebut berlangsung di lapangan upacara Lanud Had Dusun Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Jumat (2/12/2022).


Danlanud dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadisops Mayor Lek Darmawan Setyo N mengatakan, olahraga dirgantara ini juga sebagai upaya menumbuhkan minat cinta dirgantara bagi prajurit TNI AU Lanud Harry Hadisoemantri serta bisa dijadikan sebagai ajang promosi daerah yang memiliki keindahan alam  dan  pantai menawan dilihat dari ketinggian menggunakan paralayang. 


"Melalui pelatihan ini siswa diklat, diharapkan akan menjadi pilot paralayang yang mandiri, siswa akan diajarkan mengenai dasar meteorologi yang berhubungan dengan kondisi cuaca (local), dan juga akan diajarkan bagaimana sepenuhnya dapat meng-kontrol payung dalam prosedur kondisi darurat sebagai teknik dasarnya.

Pelatihan terdiri dari : teori, praktek dilapangan sebagai pengenalan terbang, serta 40 x terbang solo (sendiri), dibawah pengawasan instruktur dengan dipandu melalui Radio Handy Talky (HT) dengan tujuan untuk mendapatkan kualifikasi pilot paralayang PL-1", ujar Kadisops.


Paralayang saat ini bukan hanya sekedar olahraga atau hobbi lagi, karena beberapa prestasi dari olahraga paralayang ini telah menorehkan sukses yang membanggakan dengan diikut sertakan dalam kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). Melalui pelatihan ini, diharapkan ke 10 orang peserta dapat melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk bersungguh-sunguh dan mampu mengikuti materi yang disampaikan para pelatih paralayang.


"Seluruh peserta diklat harus bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini", tutupnya.


Sumber : Pen Lanud Had
(Media Baru TVRI Kalbar)