Upacara pembukaan Perkemahan Perjusami Saka Dirgantara Angkatan ke-4 tahun 2023 dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI AU Harry Hadisoemantri Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S.H., M.Han. sebagai pembina upacara dengan acara penyematan tanda peserta oleh pembina.

Perkemahan Perjusami Saka Dirgantara Angkatan ke-4 tahun 2023 diikuti 35 orang pelajar.

Pembukaan kegiatan dan upacara tersebut dilaksanakan  di lapangan sepakbola Gelora Ferdinand Liberzonny Lanud Harry Hadisoemantri Dusun Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Jumat (27/01/2023).


Selaku pembimbing Saka Dirgantara Lanud Harry Hadisoemantri, Komandan Pangkalan TNI AU Harry Hadisoemantri Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S.H., M.Han menyatakan dilaksanakan kegiatan ini dan peserta dapat berlatih bersama untuk mencari beragam ilmu dalam kepramukaan.


"Mudah – mudahan pada kesempatan yang baik ini kita bersama mendapatkan sebuah ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan dimasa depan nanti. Salah satunya adalah menjadi pemimpin yang hebat yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain", kata Danlanud dalam amanatnya.



Pujo menjelaskan kepada peserta bahwa hidup tanpa ada kepemimpinan akan sulit karena tidak memiliki arah, tidak puas, dan kurang motivasi.

Oleh karena itu ia mengajak peserta untuk belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin yang dapat mempengaruhi, mendorong, menuntun, dan menggerakkan sebuah tim agar dapat maju dan mencapai tujuan tertentu secara bersama-sama.


"Untuk itu, tetap jaga semangat dan jaga kesehatan hingga perkemahan ini selesai. Cobalah praktikkan apa yang kalian dapat tentang kepemimpinan mulai dari lingkungan keluarga", imbuhnya.


Kepada para peserta kemah Danlanud mengharapkan agar  mengikuti semua arahan dan perintah yang disampaikan oleh para pembina, karena dalam pelaksanaan kemah ini memakan waktu selama tiga hari.

Disamping itu perkemahan ini akan menguras tenaga juga pikiran, maka dari Pujo mengajak peserta untuk manfaatkan waktu istirahat yang diberikan pembina dan melaksanakannya sesuai dengan yang diperintahkan sebaik-baiknya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter anggota pramuka yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan memiliki rasa tanggung jawab, memiliki rasa peduli terhadap masyarakat, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan.


"Tunjukkan bahwa kalian adalah anggota pramuka yang memiliki jiwa kepemimpinan dengan kepribadian yang komplit. Mampu bertindak adil, terpuji, disiplin, jujur, perhatian, konsisten dan bertanggungjawab", tutupnya.


Hadir dalam upacara sbb: Kadislog Lanud Had, Mayor Kal Sandi Ramdani, S. Si., Kadispers Lanud Had, Mayor Adm M. Syaechu Masdarmin., Dansatpom Lanud Had, Lettu Pom Tantya Adi Wicaksana, S.Tr.(Han)., Kapolsek Sanggau Ledo, diwakili Kanit Dimnas Aipda M. Furqon., Danramil Sanggau Ledo, Serma Hamdani, Camat Sanggau Ledo, diwakili Kasitantrip Bpk Rianto., Andalan Bidang Penggalan Kec. Sanggau Ledo, Bpk A. Sawit.,Kepala Sekolah SMAN 1 Sanggau Ledo, Bpk Silvinus Muchtar.


Sumber : Pen Lanud Had
(Media Baru TVRI Kalbar)