Pembukaan Kejuaraan Nasional Paralayang Trip Of Indonesia (TROI) seri 1 Kota Singkawang resmi dibuka oleh Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos.

Kejurnas ini dimeriahkan 59 Atlet Paralayang event Nasional digelar di Sky Park Bukit Rindu Alam kota Singkawang Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (25/05/2023).


Ketua Harian PB FASI atau Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos., mengatakan harapannya dengan adanya event ini akan semakin berkembang dan memberikan dampak nyata untuk lebih berprestasi.


"Dengan kegiatan kejuaraan nasional dapat mewadahi dan memfasilitasi olahraga Dirgantara ini sebagai sport tourism dan atlet-atlet paralayang ini merupakan orang-orang yang tanpa jasa yang dapat meningkatkan perekonomian dan pariwisata", kata Aspotdirga Kasau.


Hal senada juga disampaikan Pj. Walikota Singkawang Drs. H. Sumastro, M.Si dalam sambutannya mengatakan, dari atas Bukit Rindu Alam tidak hanya menyaksikan kejuaraan tetapi juga alam dan kota serta menyaksikan pulau terkecil di dunia yaitu Pulau Simping.


"Saya aspresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kemenpora, jajaran TNI AU, PB FASI, pengurus FASIDA Prov Kalbar, dan Kota Singkawang, Koni, Disparpora beserta perangkat daerah serta berbagai pihak atas telselenggarannya Kejurnas ini yang merupakan kejuaraan Paralayang pertama kali di Kalimantan Barat", ujarnya.


Melalui event ini, ia berharap akan melahirkan atlet yang berprestasi serta mampu mendongkrak munculnya komunitas atau klub paralayang.


"Sebagai sport tourism tentu berdampak pada peningkatan wisatawan, perekonomian dan pendapatan daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat", tegasnya.


Diakhir kegiatan ditandai dengan Launcing Site Sky Park Bukit Rindu Alam sedangkan kejurnas kali ini yang dilombakan terdiri dari kategori : ketepatan mendarat Putra /Putri Senior maupun Junior, Tandem dan kategori ketepatan mendarat TNI/Polri.


Sumber : Pen Lanud Had

(Media Baru TVRI Kalbar)