Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., menutup secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1202/Singkawang. Upacara penutupan berlangsung di Lapangan Kelurahan Maya Sopa, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Jumat (7/6/2024).

Kegiatan ini juga menandai berakhirnya seluruh kegiatan TMMD di wilayah Kodam XII/Tpr. Penutupan ditandai dengan pernyataan resmi oleh Pangdam dan penandatanganan berita acara pelaksanaan TMMD oleh Dansatgas TMMD Letkol Arm Ferdy Pongsamma R. S.H. dengan Pj. Walikota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan saat memberikan keterangan mengatakan, TMMD saat ini dilaksanakan empat kali dalam setahun. Program ini merupakan wujud sinergitas antara TNI-Polri dengan Pemerintah Daerah untuk membangun wilayah. 

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, aman, sukses. Dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat baik sasaran fisik maupun non fisik," kata Mayjen TNI Iwan Setiawan. 

Pangdam menyampaikan, untuk pelaksanaan TMMD oleh Kodim 1202/Singkawang ini telah berhasil membangun diantaranya, jalan rabat beton sepanjang 480 lebar 3 meter dan tebal 15 Sentimeter, pembangunan RTLH serta pembangunan sumur bor sebanyak 3 titik. 

"Jadi ini adalah program yang bagus. Semoga Kota Singkawang tiap tahun tidak pernah berhenti memberikan anggarannya untuk bekerjasama dengan TNI dalam membangun desa," ujarnya mengharapkan. 

Sedangkan Pj. Walikota Singkawang, H. Sumastro, mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pangdam XII/Tpr dan jajarannya yang telah melaksanakan program TMMD dengan sukses di Singkawang. Kedepan, ia menegaskan kerjasama tersebut tetap berlanjut. 

"Kami memang mengharapkan kolaborasi dan kerjasama ini, untuk mengintervensi program-program yang memang jauh dari pusat kota. Kita akan terus bersinergi untuk melayani masyarakat," tegasnya mengakhiri. 

Sumber : Pendam XII/Tpr
Publisher : Darius Tarigan