Serah terima alih Komando Pengendalian (Kodal) Satgas Pamtas RI-Malaysia Sektor Barat Kalimantan Barat dari Yonarmed 16/TK Kepada Yonkav 12/BC diseluruh jajaran Pos Pamtas dipusatkan di Markas Komando Taktis Satgas di Entikong, Kabupaten Sanggau.

"Yonarmed 16/TK telah bertugas selama 12 bulan di perbatasan RI-Malaysia Kalimantan Barat Sektor Barat dari wilayah Temajuk sampai dengan Gunabanir yang meliputi Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sanggau."kata Danyon armed 16/TK. Letkol Arm Andreas Prabowo Putro, Senin (10/6/2024).

Disampaikannya, pengamanan wilayah perbatasan diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dalam kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang terulis, TNI memiliki tugas pokok yang salah satunya menggelar kekuatan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), 

“Hal ini harus selaras dengan mengutamakan wilayah keamanan, daerah rawan perbatasan, daerah rawan konflik dan pulau pulau terpencil,” tegas Letkol Arm Andreas Prabowo Putro.

Sementara itu Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonkav 12/BC, Letkol Kav Andy Setio Untoro mengatakan siap melanjutkan tugas di wilayah perbatasan RI-Malaysia sesuai dengan tupoksi yang telah diberikan oleh komando atas.

“Satgas Pamtas yang ditempatkan di wilayah perbatasan RI-Malaysia harus menjamin keamanannya, serta memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan ketahanan pangan,” tegas Letkol Kav Andy Setio Untoro.

Sumber : Agus Alfian 
Publisher : Darius Tarigan