Mewakili Penjabat Bupati Kayong Utara Romi Wijaya, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara dr. Maria Fransisca Antonelly Schoggers, MARS meresmikan Optik ASRI di Sukadana pada hari Selasa, 30 April 2024. Peresmian ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya kesehatan mata bagi masyarakat di Kayong Utara.

"Mengingat betapa pentingnya pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat, Optik ASRI merupakan langkah penting dalam memberikan  layanan kesehatan mata yang berkualitas yang dapat diakses oleh masyarakat," ujar dr. Maria Fransisca dalam sambutannya. 

Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara mengapresiasi komitmen Yayasan Alam Sehat Lestari dalam memberikan  pelayanan kesehatan bagi masyarakat, melengkapi yang telah disediakan pemerintah; sekaligus konservasi lingkungan di wilayahnya. "Jarang sekali ada suatu lembaga yang memperhatikan Kesehatan sekaligus pelestarian alam. Kita beruntung ada ASRI di tengah-tengah kita," tutur dr. Maria Fransisca.

Peresmian Optik ASRI ini merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, pihak swasta, dan tenaga medis. Pada kesempatan yang sama, Direktur Yayasan ASRI Kalimantan Ar.Indra, S,Ars.,M.Arch.,IAI mengapresiasi kerjasama tersebut, "Saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah bekerja sama dan mendukung kami hingga kami dapat meresmikan Optik ASRI ini. Semoga ini dapat mendukung kami untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan dan menjaga alam tetap lestari di Kayong Utara," ujarnya.

Lebih lanjut, Ar.Indra menjelaskan bahwa Optik ASRI juga menerapkan skema diskon ekostatus. Bagi masyarakat yang menjaga hutan dengan baik, mereka dapat menikmati layanan dengan biaya yang lebih terjangkau. "Sama seperti pelayanan di klinik, di optik ini masyarakat juga dapat membayar non tunai menggunakan bibit, kerajinan tangan, atau kotoran sapi," jelasnya.

Pada peresmian ini, ASRI juga menyediakan pelayanan gratis untuk masyarakat yang hadir berupa pemeriksaan mata, cek kesehatan umum dan pembagian kacamata. Dengan adanya Optik ASRI, diharapkan masyarakat Kayong Utara dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan mata yang berkualitas. Hal ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan masyarakat Kayong Utara yang sehat, sejahtera dan alam lestari. 

Sumber : Prokopim Setda KKU
Publisher : Darius Tarigan