Pangdam XII/Tpr Sambut Kedatangan Pelaku Pasca YTP Yonif R 641/Bru


Sebanyak 772 pelaku pasca latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 641/Bru berikut dengan materilnya tiba dengan selamat di Pontianak setelah melaksanakan pergeseran lintas laut dari Pelabuhan Panjang, Lampung menggunakan KRI Teluk Banten dan KRI Teluk Bintuni.


Kedatangan Prajurit Batalyon Tim Pertempuran Yonif R 641/Beruang TA 2021 disambut Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. Upacara penyambutan berlangsung di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Kamis (9/9/2021).


Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, latihan YTP yang baru dilaksanakan merupakan salah satu puncak pembinaan latihan yang ditujukan guna mendukung tugas pokok TNI khususnya Kodam XII/Tpr dalam mengamankan wilayah dari berbagai ancaman.


"Tentunya latihan ini sangat berharga dan membantu Kodam selaku Kotama Operasional

terutama dalam pembinaan kekuatan sehingga nantinya bisa mendesain suatu perencanaan kegiatan latihan yang meliputi Staf Operasi Kodam dan jajarannya," ujarnya.



Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyatakan bangga dan sangat mengapresiasi atas dedikasi, semangat dan loyalitas para prajurit yang telah ditunjukkan selama Latihan. Menurutnya hal ini merupakan salah satu bentuk pengabdian bagi kepentingan nasional, sekaligus pertanggungjawaban Kodam XII/Tpr kepada bangsa dan negara yang telah memberikan perhatian bagi kemajuan TNI AD.


Dengan berakhirnya pelaksanaan Latihan YTP, Pangdam XII/Tpr menekankan kepada penyelenggara dan peserta latihan untuk segera melaksanakan konsolidasi secara cermat, pengecekan kesehatan dan tracing terhadap prajurit untuk menghindari penyebaran Covid-19 serta melaksanakan pergeseran pasukan dengan tetap memperhatikan faktor keamanan.


"Lakukan evaluasi secara mendalam guna mendapatkan perspektif yang lebih luas bagi kepentingan dan penyempurnaan doktrin, strategi, taktik, teknik dan prosedur serta bagi kepentingan elaborasi aspek psikologis, penelitian dan pengembangan, khususnya yang terkait dengan peningkatan kemampuan Interoperability," tegasnya.


Atas keberhasilan latihan ini, mantan Aspam Kasad ini menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit dan pendukung yang terlibat dalam latihan YTP atas kerja keras tim, serta semangat yang luar biasa selama pelaksanaan latihan. Sehingga latihan ini dinilai oleh Satuan Atas merupakan latihan YTP yang terbaik sampai saat ini.


"Keberhasilan pelaksanaan latihan tersebut supaya dijadikan sebagai pengalaman berharga. Tidak menjadikan diri kita sombong dan harus tetap rendah hati, serta pelihara dan tingkatkan terus kemampuan untuk mempersiapkan latihan kedepan menjadi lebih baik lagi," ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.


Penulis : Darius Tarigan












0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .