Kodim 1207/Pontianak Gelar Apel Siaga Banjir Rob


Kodim 1207/Pontianak menggelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan dan perlengkapan dalam rangka siaga antisipasi bencana alam banjir rob yang beberapa hari ini melanda Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya. Apel Kesiapsiagaan Pasukan dan Perlengkapan ini dilaksanakan di Lapangan Makodim 1207/Ptk Jln. Gusti Sulung Lelanang, Kota Pontianak, Prov. Kalbar, Kamis (9/12/2021).


Kasdim 1207/Pontianak Letkol Arm Moch Rofiq, S.Pd., M.Si., sebagai Pimpinan pelaksanaan Apel adalah untuk mengetahui kesiapan personel maupun metriil dalam penanggulangan bencana alam banjir rob.


“Banjir rob ini adalah merupakan siklus alam yang mana terjadi musiman setiap tahunnya, dan banjir ini pun terjadi dikarenakan naiknya permukaan air laut. Kultur tanah di wilayah Pontianak dan Kab. Kubu Raya adalah rata dan dataran rendah yang mana ketinggian permukaan tanah hanya selisih beberapa centi meter saja dari permukaan air laut, dan apabila air laut pasang bisa mengakibatkan genangan air dimana-mana. Dan kebetulan beberapa hari ini pasang surutnya air laut relatif tinggi dari hari-hari biasanya yang mengakibatkan terjadinya banjir dibeberapa jalan dan pemukiman warga di wilayah Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya”, ungkap Kasdim.


Kasdim 1207/Ptk menambahkan, Apel kesiapsiagaan ini juga untuk membangun sinergitas dengan instansi terkait dan mengkonsolidasikan satuan Kodim 1207/Ptk dalam pelaksanaan penanggulangan bencana alam banjir rob yang terjadi di wilayah Kodim 1207/Ptk, serta dalam rangka mendukung pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam.


“Kodim 1207/Ptk sebagai Satuan Kewilayahan harus selalu siap dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat, terutama untuk mengatasi dan menghadapi kemungkinan yang akan terjadi seperti banjir Rob, khususnya di wilayah Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya" ujar Kasdim.


Menurutnya, penanggulangan bencana alam harus dilakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi warga yang terdampak.


Selesai melaksanakan apel kesiapsiagaan, dilanjutkan dengan melaksanakan patroli pengecekan potensi dan dampak banjir Rob yang dipimpin oleh Kaurops Kodim 1207/Ptk Kapten Inf M. Ansari. Patroli dilaksanakan ke tempat-tempat yang berpeluang dan dimungkinkan terdampak banjir rob di wilayah Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya.


"Patroli ini kami laksanakan ke tempat-tempat yang terdampak banjir rob yang diakibatkan naiknya permukaan air laut, meliputi Perumahan Asrama Militer Gatot Subroto dan Asrama Sudirman Sungai Raya wilayah Kec. Sungai Raya Kab. Kubu Raya, dan wilayah Kota Pontianak meliputi Pasar Rakyat Tengah Jln. Tanjung Pura dan Pasar Plamboyan Jln Gaja Mada Pontianak", katanya.


Dari hasil patroli yang dilaksanakan terdapat wilayah yang kondisinya cukup parah, terutama di pinggiran Sungai Kapuas.

Menyikapi kejadian tersebut, KaurOps Kodim 1207/Ptk Kapten Inf M. Ansari menyatakan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan Instansi terkait lainnya untuk memantau perkembangan situasi dan kondisi banjir rob ini.


"Sudah menjadi tugas TNI Kodim 1207/Ptk untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, yang mana salah satunya ialah penanggulangan bencana alam banjir rob ini" ujarnya.


Sumber : Pendim 1207/Ptk










0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .