Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Penerimaan Caba/Cata PK Gelombang I Tahun 2022 meninjau secara langsung pengumuman hasil tes kesamaptaan seleksi tingkat daerah penerimaan Caba PK pria/wanita dan Cata PK TNI AL GEL. I TA. 2022 yang bertempat di Mako Satrol Lantamal XII Jl Komyos Sudarso No 01, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Minggu (23/01/2022).


Pengumuman kelulusan tes kesamaptaan tersebut yang meluluskan 75 orang casis terdiri dari 38 orang Caba Pria, 22 orang Cabawan dan 15 orang Cata. Tes kesamaptaan yang telah dilalui meliputi samapta A yaitu lari selama 12 menit kemudian samapta B terdiri dari pull up, push up, sit up dan shuttle run serta dilanjutkan tes renang. 


Bagi peserta caba pria, cabawan dan cata yang dinyatakan lulus tes kesamaptaan ini akan mengikuti tes lanjutan pada tahap berikutnya yakni test Mental Ideologi, baik tertulis maupun wawancara. 


Untuk itu saat peninjauan Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman kembali mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan tes tersebut tidak dipungut biaya apapun terhadap calon.


"Jadi jikalau ada yang menghubungi calon dan meminta sejumlah uang dengan iming-iming dapat meluluskan serta meloloskan ke tingkat pusat, itu semua adalah penipuan, sekali lagi penipuan. Jadi Calon harus waspada jangan sampai tertipu, kalau ada yang menerima telpon seperti itu laporkan kepada panitia", tegas Danlantamal XII.


Pejabat Lantamal XII yang turut hadir pada pengumuman hasil tes tersebut yaitu Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, Asintel Danlantamal XII Kolonel Marinir Yustinus R., M.Tr.Hanla, Aspers Danlantamal XII Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka W., S.P, Kadisminpers Lantamal XII Mayor Laut (KH) Hasnatul Hadad S.Ag


Dalam proses rekrutmen prajurit TNI AL yang sudah terkenal seleksinya cukup ketat, tanpa adanya KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) diharapkan para peserta tes calon prajurit TNI AL yang nantinya diterima dan akan dididik serta dilatih dapat menjadi sosok seorang prajurit matra laut yang memiliki kesehatan dan kesamaptaan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Disamping itu memiliki etika moral yang baik serta integritas terhadap NKRI, dengan harapan menjadi prajurit yang Tangguh, Tanggap dan Trengginas.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)