Babinsa 1205-09/Ketungau Tengah, Sertu Suharyono bersama Bhabinkamtibmas Ketungau Tengah mendampingi pelaksanaan pengasapan (Fogging) yang dilakukan pihak Puskesmas Nanga Merakai di Desa Wirayudha, Rabu (12/01/2022).


Dilakukannya fogging bertujuan agar masyarakat Desa Wirayudha dapat terbebas dari bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), mengingat sebelumnya di desa tersebut sempat terjadi kasus warga yang meninggal akibat DBD.


Menurut Sertu Suharyono, pelaksanaan fogging yang dilakukan Puskesmas Nanga Merakai ini juga untuk memutus siklus perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti dan tentunya juga diharapkan mampu membasmi nyamuk-nyamuk dewasa.


"Ya harapannya tentunya sebagai upaya membasmi dan memutus perkembangbiakan nyamuk, karena saat ini juga masih musim penghujan, banyak lokasi-lokasi genangan air yang memungkinkan berkembangbiaknya bibit nyamuk pada pemukiman warga," jelas Suharyono.


Lebih lanjut ia menambahkan, Puskesmas Nanga Merakai nantinya juga akan melakukan penaburan bubuk abate untuk memberantas jentik nyamuk serta pengawasan pemantauan jentik nyamuk.


"Nanti pihak Puskesmas akan melakukan pemberantasan jentik nyamuk dengan penaburan bubuk abate, tentunya akan ada pengawasan dan pemantauan jentik", terangnya.


Masih menurut Sertu Suharyono, hal yang paling penting dilakukan dilingkungan masyarakat dalam mendukung pemberantasan DBD ini yaitu dukungan masyarakat dengan pencegahan, seperti pola hidup bersih dan menerapkan 3M, Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air, Mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat penampungan air sehingga menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk tersebut.


Sumber : Pendim 1205/Stg