Manunggal Dengan Rakyat, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bantu Petani Bersihkan Lahan Sawah Di Perbatasan


Satgas Pamtas perbatasan Indonesia - Malaysia dalam menjaga keutuhan NKRI, tidak hanya melaksanakan patroli dan mengawasi wilayah teritorial. Namun memiliki tugas lainnya untuk membantu warga serta membina hubungan antara Satgas dan warga masyarakat.  Seperti yang dilakukan dua orang personil Pos Serangkang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns membantu salah seorang petani bapak Ahay (49) membersihkan lahan sawahnya di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kec. Entikong, Kab. Sanggau. Kegiatan personil Satgas Pamtas tersebut dipimpin oleh Pratu Mite.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Selasa (25/02/2022).


Dansatgas mengatakan sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat serta mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, personil Satgas Pamtas turun ke sawah membantu warga desa binaan untuk membersihkan tanaman padi dari hama rumput.


“Untuk meningkatkan hasil pertanian, maka tanaman harus bebas dari hama termasuk rumput yang bisa menghambat pertumbuhan dan merusak tanaman padi sehingga dapat mengurangi hasil produksi padi", ucap Dansatgas.


Dari kegiatan ini terlihat semangat kebersamaan antara personel Satgas Pamtas dengan bapak Ahay mencabuti rumput-rumput yang tumbuh di sawah miliknya agar terhindar dari hama dan padi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan hasilnya menjadi padi yang berkualitas.


Sementara Danpos Serangkang Sertu Abdul Jalil ditempat terpisah mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dengan bergotong royong membantu lahan sawah milik warga binaan.


“Untuk menghasilkan padi yang berkualitas maka perawatan harus juga diperhatikan, dari pemilihan bibit padi, kondisi lahan, pemupukan dan tak kalah penting yaitu menjaga dari gangguan hama. Untuk itu hari ini kita bersama-sama warga membersihkan tanaman padi dari rumput liar yang tumbuh", tutur Danpos.


Kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Pamtas tersebut disambut baik oleh pemilik lahan sawah dan mengucapkan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns yang selalu peduli terhadap keadaan lingkungan di wilayah binaannya, dengan berupaya menghidupkan kembali budaya gotong-royong.


“Semoga dengan kedekatan TNI dengan masyarakat maka TNI akan selalu dicintai oleh rakyat,” ucap Ahay dengan nada bicara senang.


Sumber : Pen Satgas Pamtas 643/Wns

(Media Baru TVRI Kalbar)











0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .