Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Danlantamal) XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, yang diwakili oleh Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S. AP., M. Si (Han), menerima dan menyambut langsung kunjungan kerja Kepala Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Kalapetal) Kolonel Laut (P) Apri Suryanta S.E M.M CHRMP beserta rombongan di Mako Lantamal XII Jl. Wajok Hilir KM.17 Kab. Mempawah Kalimnatan Barat, Selasa (11/01/2022).


Danlantamal XII Pontianak selaku Ketua Panitia Penerimaan Daerah Lantamal XII Pontianak, yang diwakili oleh Wadan Lantamal XII, mengucapkan selamat datang kepada Kalapetal dan rombongan, semoga kedatangan di Lantamal XII, dapat memberikan edukasi serta manfaat bagi Tim Penerimaan Calon TNI AL, wilayah Kalimantan Barat sehingga dapat menghasilkan calon calon sesuai standar di TNI AL. 


Danlantamal XII menegaskan agar para panitia yang telah ditunjuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan menyamakan persepsi agar proses penerimaan sesuai prosedur dan standar yang telah ditetapkan. Tujuannya agar Prajurit TNI AL dimasa depan dapat menjadi SDM yang unggul dan profesional. Tugas ini harus dilaksanakan secara objektif dan transparan.


Sementara itu Asisten Personel Danlantamal XII, Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka, W., S.P., selaku Sekretaris Panitia Daerah Penerimaan Calon TNI AL, menyampaikan bahwa kedatangan Kalapetal di Bumi Khatulistiwa Kalimantan Barat guna meningkatkan pelayanan dalam seleksi penerimaan Calon TNI AL, akan memberikan pelatihan kepada panitia daerah Pontianak dalam penerimaan calon Bintara dan Tamtama PK Gelombang I Tahun 2022. 


Pelatihan ditujukan kepada seluruh personel yang terlibat dalam kepanitiaan daerah daerah seleksi penerimaan calon Prajurit, diantaranya bidang Kesehatan, Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi dan Akademik.  Pelatihan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Mako Lantamal XII, Jl Wajok Hilir Km. 17 Mempawah Kalimantan Barat.


Dalam sambutannya Kalapetal, Kolonel Laut (P) Apri Suryanta, S.E., M.M., CHRMP, menyampaikan bahwa Pelatihan ini merupakan program kerja yang diselenggarakan oleh Lapetal kepada Panitia Daerah Penerimaan Calon TNI AL sebagai penyegaran dan pembekalan sehingga memiliki profesionalisme dalam merekrut para Calon Prajurit.


"Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan dasar dasar aturan terkait penerimaan calon prajurit kepada peserta latihan sehingga dapat bekerja secara professional, jujur dan adil, transparent dan akuntabel", ujar Kalapetal.


Rombongan Lapetal yang hadir terdiri dari  Kolonel Laut (P) Apri Suryanta, SE.,M.M., CHRMP, Letkol Laut (P) Moh. Hanif, A.Md., M.Tr.Opsla, Mayor Marinir Haris Tri Purnama, Mayor Laut (T) Erya Rahman Hakim, S.T.,  Kapten Laut ( S ) Noor Komara,  Serda Ttu Martono, dan Serda Kom Nur Wachid, serta  Serda Pdk Edo Pangestu.


Sumber : Dinas Penerangan Lantamal XII Koarmada I