PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA, LANTAMAL XII PONTIANAK DIHADIRI PELAKU SEJARAH


Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, memimpin sekaligus sebagai inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2022, yang dilaksanakan di Dermaga Satuan Kapal Patroli Lantamal XII Jl. Komyos Sudarso No 1 Kota Pontianak. Peringatan tersebut dirangkai Pelarungan Karangan Bunga yang dilaksanakan di Alur Pelayaran Sungai Kapuas Kota Pontianak menggunakan Kal Lemukutan I-12-15, Sabtu (15/01/2022).




Upacara Puncak hari Dharma Samudera yang dilaksanakan oleh Lantamal XII, memiliki makna khusus, karena ikut hadir dalam upacara ini 2 orang termasuk dalam pelaku sejarah, yaitu Serma (Purn) Mattalim, Lahir di Malang pada tanggal 12 Mei 1940, alamat Jl. Apel Gg. Apel No 1 Sungai Jawi Luar Kota Pontianak, ABK RI Mega Mendung, Type Kapal Gun Boat, saat itu berpangkat Kelasi Dua, dan Kopka (Purn) Sutarman Bin Atmoharsono, Lahir pada tanggal 20 Maret 1939, alamat Jl. Budi Karya No 9 Kelurahan Benua Melayu Darat Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, saat itu sebagai ABK RI Sultan Iskandar Muda - 304 (Jenis Kapal Destroyer), dengan pangkat Kelasi Satu.


Menurut keterangan Bapak Mattalim, setelah terjadinya peristiwa Perang di Laut Aru, Bapak Mattalim sebagai ABK RI Mega Mendung berada di Pangkalan Surabaya, oleh pimpinan TNI AL saat itu memerintahkan sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia berangkat menuju Irian Barat. Kemudian berangkat menuju Papua Barat, dan Chek Point 1 di Teluk Peleng. Adapun Kapal Perang yang berangkat antara lain: RI Mega Mendung, RI. Mega Guntur, RI Mega Mukti, RI Mega Sakti dan RI Mega Gantang. (Jenis Kapal Gun Boat). Selain itu juga RI Batu Padas, RI Batu Karang dan RI Batu Hitam. Dan menurut keterangan ketiga Kapal RI tersebut, terakhir berada di Pangkalan Angkatan Laut Pontianak kemudian kapal ini pun dihancurkan menjadi besi tua.


Memaknai Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari tiap tahunnya, yaitu untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru antara tentara Indonesia melawan Belanda, oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono, saat ini orientasinya tidak terbatas pada Pertempuran Laut Aru semata, akan tetapi semua Dharma Bhakti Prajurit TNI AL dimasa kini, diantaranya Peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-401. beberapa waktu yang lalu, kemudian juga Dharma Bhakti Prajurit TNI AL saat ini dalam memerangi Pandemi Covid-19, dimana semua Kotama TNI AL terlibat melaksanakan Serbuan Vaksinasi, semuanya untuk Bangsa dan Negara.


Untuk merefleksikan Hari Dharma Samudera terhadap generasi muda yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, Lantamal XII Pontianak, dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) serta Persatuan Purnawirana Angkatan Laut (PPAL), bersama RRI Pontianak, pada hari Senin (17/01) nanti akan membahas bagaimana memaknai Hari Dharma Samudera dalam acara Dialog Lintas Pontianak, yang akan dilaksanakan mulai Pukul 08.00 WIB – 09.00 WIB.


Hadir dalam Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2022, di Lantamal XII Pontianak, seluruh Pejabat Utama Lantamal XII, Wadan lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP., M.Si.(Han), Para Asisten Danlantamal XII, Ka. Kuwil, Dansatrol Lantamal XII, Para Kadis dan kasatker jajaran Lantamal XII, Jalasenastri Korcab XII DJA I, serta para purnawiran TNI AL yang tergabung dalam organisasi PPAL. Bertindak selaku Komandan Upacara yaitu Kasi Hartib Pomal Lantamal XII, Mayor Laut (KH) Ariyanto.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I










0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .