Kabupaten Bengkayang melalui program salah satu Desa Wisata, menginisiasi untuk tetap menjaga kelestarian dengan gencar menanam pohon.

Dimana pulau Kalimantan cukup dikenal masih memiliki kawasan hutan yang cukup baik jika dibandingkan dengan beberapa daerah lain di Indonesia. Namun demikian, Global Warming yang semakin meningkat juga menuntut semua elemen masyarakat untuk terus menjaga lingkungan agar tetap terjaga, terutama menjaga kawasan hutan.


Penghijauan Bumi kembali digencarkan di Desa Cipta Karya dengan melibatkan sejumlah pihak dan masyarakat. Aksi ini adalah bentuk kepedulian akan kelestarian hutan, selain itu juga dapat memberikan nilai tambah kepada warga. Karena masyarakat di desa tersebut masih ada yang bergantung pada hasil hutan.


Pihak desa bersama dinas kehutanan menanam 5000 pohon yang disebar disejumlah titik di desa Cipta Karya, Kabupaten Bengkayang.

 

“Itu kita lakukan di wilayah-wilayah hutan, khususnya hutan adat dan lahan-lahan yang tidak tergarap oleh warga untuk bertani”, kata Benyamin Calvin selaku Kepala Desa Cipta Karya, Selasa (11/1/2022).


Dengan dilakukannya penghijauan tersebut akan sangat berpengaruh besar kepada perubahan iklim di Indonesia khususnya di Kalimantan. Disamping itu juga, lanjutnya, penanaman pohon itu pasti akan menunjang meningkatnya potensi wisata dan pertanian di Bengkayang. 

Ia menilai, pelestarian lingkungan adalah tanggung jawab setiap warga negara. Oleh karena itu ia mengajak setiap wilayah memiliki program penghijauan untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga lingkungan.


Penulis : Darius Tarigan