Tumbuhkan Rasa Bangga Terhadap Satuan, Kodam XII/Tpr Gelar Tradisi Penerimaan Warga Baru


Guna  menumbuhkan rasa bangga terhadap satuan, Kodam XII/Tanjungpura menggelar tradisi penerimaan warga baru. Upacara tradisi dipimpin oleh Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., di Lapangan Tugu Khatulistiwa, Makodam XII/Tpr. Selasa (11/1/2022).


Tradisi diikuti oleh, diantaranya 5 orang Pamen Golongan V, 13 orang Pamen Golongan VI serta 32 orang Pama Abituren Secapa. Untuk Pama sebelum mengikuti upacara tradisi melaksanakan Hanmars dari Tugu Alianyang - Makodam XII/Tpr menempuh jarak kurang lebih 5 Kilometer.


Tradisi penerimaan warga baru kali ini ditandai dengan pernyataan resmi penerimaan oleh Kasdam XII/Tpr dilanjutkan dengan pemasangan badge, penyiraman air bunga dan pembacaan ikrar oleh warga baru.


Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djauhari menyampaikan, kegiatan ini merupakan pembinaan tradisi yang diwariskan para pendahulu kita dan mengakar dalam sendi kehidupan satuan Kodam XII/Tpr dengan tujuan untuk menanamkan jiwa korsa, soliditas dan semangat pengabdian. 


Kasdam menegaskan, tradisi ini juga untuk menumbuhkan rasa memiliki dan kebanggaan, serta merupakan media dalam membentuk karakter prajurit Kodam XII/Tpr yang disiplin, loyal, solid dan tangguh. Pasalnya inilah langkah awal dalam menanamkan nilai-nilai perjuangan, kecintaan serta kebanggaan prajurit terhadap satuan.


"Sebagai warga Kodam XII/Tpr yang baru, agar kalian dapat memahami dan mampu mengamalkan serta memegang teguh panji Kodam XII/Tpr yaitu ”Carathana Jitavina” yang berarti “Sekali Melangkah Pantang Menyerah," harap Kasdam membacakan amanat Pangdam XII/Tpr.


Selanjutnya Kasdam mewakili Pangdam XII/Tpr dan Pribadi mengucapkan selamat datang di Makodam XII/Tpr. Serta mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pimpinan TNI Angkatan Darat untuk melanjutkan pengabdian di Kodam XII/Tpr.


"Tanamkan dalam diri saudara sekalian bahwa penempatan tugas jabatan merupakan suatu amanah, maka tetap syukuri laksanakan dengan tulus, ikhlas dan tanggung jawab. Berikan pengabdian yang terbaik demi kemajuan TNI AD pada umumnya dan Kodam XII/Tpr khususnya," ucapnya mengakhiri.


Sumber : Pendam XII/Tpr











0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .