Polisi Militer Lantamal XII menerima informasi, disinyalir adanya indikasi penyeludupan senjata api yang dilakukan oleh disertir anggota TNI AL, dengan menggunakan 1 unit kendaran minibus, dimana saat ini kendaraan tersebut berada diatas kapal KM. Dharma Kartika VII, dan akan sandar di Dermaga Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak.


Menerima Informasi tersebut, Komandan Pom Lantamal XII, Letkol Laut (PM) Musa Hotmatua Sitorus, S.Si., M.Tr.Opsla., segera memerintahkan anggota Pomal untuk melaksanakan penyelidikan tentang informasi tersebut.  Kemudian anggota Pom Lantamal XII menindaklanjuti perintah Danpomal tersebut dengan melakukan penggeledahan terhadap setiap kendaraan yang ada diatas KM. Dharma Kartika VII tersebut, Selasa (15/02/2022).


Pada saat Anggota Pomal melaksanakan pemeriksaan terhadap salah satu kendaraan, ditemukan 3 orang yang gerakannya mencurigakan. Saat kendaraannya diperiksa, anggota Pom Lantamal XII menemukan 2 unit senjata Laras Panjang, dan segera menahan pengendara mobil tersebut. Sementara 2 (dua) orang penumpang berusaha untuk melarikan diri selanjutnya terjadi aksi pengejaran oleh anggota Pomal. Merasa terdesak, kemudian terjadi perkelahian antara pelaku dan anggota Pomal namun dengan sigap serta cekatan anggota Pomal berhasil melumpuhkan pelaku yang berusaha lari.

Saat ini 3 (tiga) orang tersangka dan barang bukti (BB) 2 pucuk senjata laras panjang diamankan di Kantor Pom Lantamal XII Jl. Komyos Sudarso Jeruju Kota Pontianak guna proses lebih lanjut.  


Kejadian tersebut diatas merupakan simulasi yang dilakukan Pom Lantamal XII dalam rangka Latihan Pengamanan Obyek Vital (Pam Obvit) Pom Lantamal XII TA. 2022, dan HUT Polisi Militer Angkatan Laut ke-76 thn 2022.


Komandan Pom Lantamal XII, Letkol Laut (PM) Musa Hotmatua Sitorus, S.Si., M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan prajurit Pom Lantamal XII dalam menghadapi gangguan dan acaman yang terjadi di wilayah kerja Pom Lantamal XII.


Menanggapi kegiatan simulasi tersebut, Danlantamal XII menyampaikan agar setiap latihan dilaksanakan sesuai program dan sesuai prosedur dalam rangka pembinaan profesionalime setiap personel TNI AL khususnya Pomal.


"Latihan Pengamanan Obyek Vital (Pam Obvit) Pom Lantamal XII TA. 2022 ini dilakukan dengan sungguh - sungguh sehingga kedepan prajurit pomal semakin profesional dalam melaksanakan tugas dan memiliki peran menjaga dan menegakkan hukum serta disiplin prajurit", ujar Komandan Lantamal XII.


Sumber : Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)