Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, hadir dalam acara Dialog Interaktif pada program Derap TNI yang digelar oleh RRI Pontianak, Kamis (24/03/2022) sore.


Dialog Derap TNI disiarkan secara lansung setiap hari Kamis, secara bergiliran dari tiga unsur TNI AD/AL dan AU. Acara dialog dipandu moderator oleh Mustofa dan Dian, keduanya merupakan Reporter RRI Pro 1 Pontianak. Dialog interaktif dilaksanakan di Ruang Pro 1 RRI Pontianak, Jl. Sudirman No.7, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.


Selain Danlantamal XII, hadir juga Kepala Staf Kodim (kasdim) 1207/Pontianak Letkol Arm Moch. Rofiq, S.Pd., M.Si., mewakili Dandim 1207/ PTK, serta Aspers Danlantamal XII, Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka W, SP. Kepala Stasiun RRI Pontianak, Dra. Teguh Yuli Astuti, MM, Koordinator Pemberitaan, R. Agus Yogo Untoro, S.Sos, MM, Koordinator Lembaga Pengembangan Usaha, Murtafa, S.T. 


Dalam dialog tersebut Komandan Lantamal XII menjelaskan tentang tugas pokok Lantamal XII, yaitu menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi unsur TNI Angkatan Laut, pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara dibidang kemaritiman, serta menjelaskan tentang wilayah kerja Lantamal XII yang meliputi seluruh wilayah perairan Kalimantan Barat, dan sebagian wilayah laut Natuna sampai ke perbatasan Malaysia. Serta rencana validasi organisasi TNI AL kedepan dimana Lantamal berubah menjadi Kodamar. Hal ini tentunya dengan berbagai pertimbangan diperhadapkan dengan tuntutan tugas yang semakin kompleks.


Sementara itu Kasdim 1207/PTK Letkol Arm Moch. Rofiq, S.Pd., M.Si., dalam Dialog tersebut menjelaskan upaya Kodim 1207/PTK dalam melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah kerja Kodim 1207/PTK serta upaya yang dilakukan guna membantu pemerintah daerah menghadapi Pandemi Covid-19 di wilayah kerjanya yaitu di Kota Pontianak dan di wilayah Kab. Kubu Raya, serta upaya pengerahan personel dalam melaksanakan kegiatan patroli penerapan protokol kesehatan.


Lanjut Kasdim 1207/PTK bahwa selain melaksankana tugas dimasa Pandemi Covid-19, Kodim Pontianak juga mengantisipasi dan menanggulagi adanya kebakaran hutan dan lahan yang ada diwilayah kerjanya.


Usai mengisi acara Dialog Interaktif, Danlantamal XII menyerahkan plakat kepada Kepala Stasiun RRI Pontianak, Dra. Teguh Yuli Astuti.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)