Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, bertindak selaku Wadirlat meninjau pelaksanaan kegiatan Geladi Manlap Latihan pencarian Dan Penyelamatan di Laut (SAR) TA. 2022 Koarmada I bertempat di Dermaga pelabuhan Dwikora kota Pontianak, Rabu (09/03/2022).


Rangkaian Geladi Manlap Latihan Pencarian Dan Penyelamatan di Laut (SAR) TA. 2022 Koarmada I, didahului dengan Helly HS 1311, melaksanakan evakuasi korban kritis dari Sea Rider 12 dengan metode Hoist (di sungai kapuas/depan podium), kemudian korban kritis tersebut dibawa oleh Helly HS 1311 menuju Posko medis di kantor Gubernur Kalbar.



Demikian juga dengan KAL Lemukutan melaksanakan evakuasi terhadap 3 orang korban KM. Kelimut yang lompat ke laut, dan dibawa ke dermaga pelabuhan Dwikora, menurunkan 3 orang korban KM. Kelimut. Selajutnya KAL Lemukutan WA dari Dermaga Pelabuhan Dwikora menuju titik RV. di timur sektor SAR koordinat 00.01.14 LS/ 109.20.29 BT. (persiapan saiking pas). KAL Sambas yang ikut melaksanakan SAR juga menemukan 2 korban yang sudah meninggal dunia, selanjutnya sandar di dermaga pelabuhan Dwikora untuk melaksanakan evakuasi darat dengan menggunakan ambulance menuju RS. Bhayangkara.


Tepat Pukul 09.00 WIB, seluruh proses evakuasi telah dilakasanakan , selanjutnya seluruh unsur Satgas SAR Laut menuju ke titik yang telah ditentukan untuk pelaksanaan Demonstrasi Sailing Pass oleh unsur Satgas SAR Laut di depan podium, mulai dari KRI Kapitan Patimura, KRI Krait, KRI Siribua, KAL Lemukutan, KAL Sambas, dan Sea Rider 12, serta CN 235 P-3803


Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto menyampaikan, latihan tersebut harus dilakukan sungguh sungguh sesuai dengan yang sudah direncanakan sehingga kedepan semakin terampil dalam melaksanakan SAR, dan lebih khusus lagi diharapkan untuk tetap mengutamakan keselamatan personel dan material, sesuai instruksi Kasal Laksamana Yudo Margono untuk tetap mempriritaskan Zero Accident dalam setiap latihan latihan yang dilaksanakan.


Pejabat dan Unsur Latihan yang hadir antara lain Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si. (Han)., selaku SMC, Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Baharudin., S.M., M.H., M.Tr.Hanla., Aspotmar Kolonel Marinir Agustiawarman, S.H. (Katim Evaluasi), Dansatud Koarmada I, Kolonel Laut (P) Ma'arif (Kawasdal), Aspers Danlantamal XII, Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka W., S.P., Aslog Danlantamal XII, Kolonel Laut (T) M. Subur, S.T., Dansatrol Lantamal XII Kolonel Laut (P) Kariady Bangun (OSC), Danlanal Ketapang, Letkol laut (P ) Abdul Rajab Bodro (Asops Latsar), Dandenma Lantamal XII, (Dan UT Pangkalan), Katim Penilai Latsar Letkol Mar Hendry, Katim Pengendali Latsar, Mayor Suwondo, dan Tim Penilai Latsar, Seluruh Tim Latsar Pencarian Dan Penyelamatan di Laut (SAR) TA. 2022 Koarmada I.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)