Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, didampingi pejabat Utama Lantamal XII, meninjau langsung pelaksanaan Over Hall / Perbaikan KRI Sembilang - 580, di PT. Dock Bina Vista,  Jl. Wajok Hilir KM 12.2, Wajok Hulu, Kec. Siantan, Kab. Mempawah, Kalimantan Barat. Minggu (27/3/2022).


Adapun pejabat yang mendampingi Danlantamal XII Laksama TNI Suharto, antara lain Asintel Danlantamal XII, Kolonel  Marinir Yustinus R. M.Tr.Hanla, M.Tr (Han), Aslog Danlantamal XII Kolonel Laut (T) S. Imam Suroto, CTMP,  Dan Satrol Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., Kadisharkan Lantamal XII Letkol Laut (T) M. Hamza, S.T., Komandan KRI Sembilang 580 Mayor Laut (P) Yahya Junarko, S.T., Danpom Lantamal XII Letkol Laut (PM) Musa H. Sitorus, S.Si, M.Tr. Opsla serta pejabat dari PT. Dock Bina Vista dan PT. Borneo Maritim.


Pelaksanaan Docking ini merupakan instruksi Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, kepada unsur KRI/Pesud untuk melaksanakan secara berkala untuk perawatan kapal. Hal ini sangat penting untuk mengukur kesiapan unsur dalam  melaksanakan operasi agar lebih maksimal. 


Komandan Lantamal XII dalam kesempatan tersebut menyampaikan  hendaknya dalam pelaksanaan perbaikan kapal menggunakan material yang sesuai standard yang ditentukan, sehingga pemakaiannnya dapat maksimal sesuai SPT (Sistim Perencanaan Terencana) dari material tersebut. 


“Kalau ada material atau suku cadang kapal yang harus diganti karena usia pakai sudah mencapai target yang ditentukan berdasarkan SPT, ya harus di ganti, sehingga pada saat melaksanakan operasi tidak menjadikan masalah dalam pelayaran”, tegas Danlantamal saat meninjau Pelaksanaan Perbaikan KRI Sembilang – 580.


Selain itu juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan dan pemeliharaan serta perbaikan unsur-unsur operasional TNI AL dan perawatan, atau dikenal dengan dengan `5R` yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest and Recreation merupakan tugas dan tanggungjawab Pangkalan.

Dock Bina Vista merupakan galangan asal Pontianak, Kalimantan Barat yang melayani jasa pegedokan kapal, perawatan kapal (maintenance kapal). Memiliki beberapa jenis dok: dok apung (floating dok), dok tarik, slipaway, dok balon. Dengan motto "We are Totally Committed", PT Dock Bina Vista siap melayani para pelanggan dengan penuh komitmen terhadap kualitas jasa dan pekerjaannya.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)