Tak Kenal Lelah, Babinsa Toho Ajak Masyarakat Kerja Bakti di Akhir Pekan


Dengan didasari niat yang tulus untuk berbuat yang terbaik untuk warga binaannya, meski hari libur, Babinsa Koramil 1201-05/ Toho, Pelda Baryono, melaksanakan tugas dengan mengajak masyarakat kerja bakti membuat pagar jalan Dusun.


Pelaksanaan kerja bakti tersebut dilaksanakan secara gotong royong diikuti oleh masyarakat dan Babinsa bahu membahu membuat pagar jalan lintas Dusun di Desa Terap, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Minggu (27/3/2022) pagi.


Disela kegiatan, Pelda Baryono mengatakan, bahwa dirinya sebagai Babinsa, merupakan ujung tombak kewilayahan yang harus senantiasa aktif dan berperan positif di desa binaan.


"Termasuk didalamnya mengajak masyarakat memanfaatkan hari libur, untuk kerja bakti ini," kata Pelda Baryono.


Ia menyebut, kerja bakti secara gotong royong bersama masyarakat, merupakan peran Aparat Komando Kewilayahan, yang memiliki tugas pembinaan teritorial, didalamnya menyangkut pembinaan wilayah.


"Sebagai Babinsa, tidak ada kata jenuh dan tidak mengenal hari libur saat melaksanakan tugas dalam pembinaan wilayah. Membantu kerja bakti seperti ini, merupakan salah satu fungsi aparat kewilayahan yang juga merupakan aplikasi dilapangan untuk menjadi contoh dan memberikan motivasi kepada masyarakat," jelasnya.


Pelda Baryono berharap, agar kegiatan tersebut dapat  lebih menumbuhkan jiwa kebersamaan dan kekompakan serta kekeluargaan dilingkungan masyarakat.


"Gotong royong adalah salah satu tradisi paling membudaya yang diturunkan nenek moyang kita, karena hal tersebut adalah salah satu alat pemersatu bangsa," ucap Baryono.


Sementara itu, Maman (55), salah satu warga Dusun Terap, mengaku bangga dan salut kepada Babinsa yang selalu berperan aktif dalam membantu dan membangun desa.


"Semua warga kenal dan akrab dengan Babinsa, karena beliau orangnya ringan tangan. Selalu lebih mementingkan urusan warga daripada urusan pribadinya," pungkasnya.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .