Berburu Pahala Ramdhan Ala Prajurit


Ramadhan sejatinya menjadi momentum bagi umat Muslim untuk berlomba-lomba meraih pahala dengan bekerja sekaligus beribadah. Mencari berkah diantara lelah, itulah makna ikhtiar bekerja setiap Muslim.


Ikhtiar inilah yang tengah dilakukan para personil Kodim 1201/Mph saat bulan Ramadhan. Panas matahari yang mengucurkan peluh seakan hanya menjadi sentuhan hangat dibalik seragam ketika para prajurit itu membantu masyarakat menanam padi di Desa Pak Bulu, Kabupaten Mempawah, Sabtu (9/4/2022) siang.


"Puasa 'kan bukan alasan untuk tidak membantu orang lain, justru harus lebih giat supaya pahalanya bertambah. Apalagi yang dibantu, bukan orang lain, warga kita sendiri," kata Sertu Muhammad Gufron, anggota Kodim 1201/Mph.


Membantu masyarakat Desa Pak Bulu, adalah tugas Sertu Muhammad Gufron sebagai Babinsa. Meski terlihat sederhana, namun tugas yang diembannya tidak main-main. Dia tidak sekadar menanam padi, tapi mengejar pahala dengan menjaga ketahanan pangan masyarakat yang dibinanya.


Dibulan Ramadhan seperti sekarang, para personil Kodim 1201/Mph diarahkan untuk berburu pahala dengan mendekatkan diri kepada masyarakat. Ini dilakukan untuk melatih kepekaan prajurit terhadap dinamika sosial yang terjadi dimasyarakat.


Dandim 1201/Mph, Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto menuturkan, masyarakat biasanya diuji dengan berbagai persoalan ketika menjalankan ibadah Ramadhan. Permasalahan itu, lanjut Dandim, yang mesti diurai oleh personilnya ketika bersama warga.


"Ini juga sebagai pembinaan mental prajurit, agar bersikap melayani kepada masyarakat," tutur Dandim Dwi Agung.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .