Kolaborasi Walikota dan Hobby Makan, Borong Takjil dan Traktir Warga Berbuka Puasa


Pusat jualan takjil yang berlokasi di depan minimarket Alma Jalan Sepakat 2 Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara seketika ramai didatangi warga yang hendak mencari kue untuk berbuka puasa, Jumat (15/4/2022).


Kue-kue yang dijual di sana dapat mereka bawa pulang secara gratis setelah diborong Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Bersama Evan, Youtuber pemilik akun Hobby Makan, Edi Kamtono mendatangi pusat jajanan takjil yang merupakan kue-kue titipan warga yang dijual di sana. Tidak hanya jajanan takjil, dua kios ayam geprek yang berada di depannya juga diborong Evan dan Walikota Edi Kamtono.


Pedagang minuman untuk berbuka puasa disebelah minimarket pun kecipratan dagangannya diborong habis untuk dibagikan gratis kepada warga. Hanya dalam hitungan menit setelah Bang Evan mengumumkan lewat story akun Instagramnya, Hobby Makan, bahwa makanan-makanan tersebut gratis, seketika ludes dibawa pulang warga yang berbondong-bondong ke lokasi itu.


Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, awalnya ia memang hendak keluar rumah untuk membeli takjil. Secara kebetulan, Evan Hobby Makan menghubunginya via telepon mengajak berburu takjil untuk diborong dan dibagi-bagikan gratis kepada warga. Ia menyambut baik ajakan tersebut, kemudian Evan menjemput ke kediaman dinasnya. Menurutnya, aksi membeli takjil dagangan warga merupakan salah satu cara membangkitkan perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.


"Hikmah bulan Ramadan ini salah satunya adalah meningkatnya pendapatan para pelaku UMKM terutama usaha kuliner yang banyak dicari untuk berbuka puasa," ujarnya.


Apalagi, lanjut dia, umumnya takjil yang dijual merupakan kue-kue titipan dari warga. Setidaknya ada 50 warga yang menitipkan kue di pusat jualan takjil yang dikunjunginya bersama Bang Evan sore itu. Dengan membeli takjil-takjil tersebut, berarti ikut membantu mendorong bangkitnya kembali usaha yang digeluti pelaku UMKM. 


"Kita mengajak masyarakat membeli takjil atau kue-kue dagangan warga sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat serta membangkitkan perekonomian di Kota Pontianak," tutur Edi.


Senada dengan Walikota Edi Kamtono, Bang Evan yang memang aktif menyemangati para pedagang kecil khususnya kuliner melalui akun Youtube maupun media sosialnya, menyatakan bahwa aksi ini jangan hanya dilakukan oleh dirinya dan Wali Kota saja, tetapi masyarakat juga bisa memulainya dengan membeli kuliner atau jajanan yang dijual oleh UMKM. 


"Makanya saya selalu menyampaikan pesan 'Lanjutkan di Kamu'," tutupnya.


Sumber : Prokopim

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .