REMAJA MASJID HARUS PUNYA JIWA ENTREPRENEUR


Remaja masjid harus memiliki identitas karena tidak sama dengan remaja pada umumnya (di luar organisasi remaja masjid). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M M., M.H., saat menjadi Keynote Speech pada Seminar, Talkshow dan Silaturahmi Akbar Milad Remaja Mujahidin Kalbar Ke-43 dengan tema "43 Tahun Remaja Mujahidin Terus Berarti, Bermanfaat Tanpa Henti" di Ruang Serba Guna Masjid Raya Mujahidin, Minggu (3/4/2022).


"Remaja singkatan dari Renungkan Masa Jayamu. Artinya, disamping merenungkan masa jaya, adik-adik juga merupakan remaja masjid yang memiliki identitas dan kelebihan, berbeda dengan remaja-remaja di luar karena remaja masjid otomatis memiliki karakter keagamaan yang mendekatkan diri dengan Allah. Peran remaja masjid pada umumnya adalah turut memakmurkan masjid dengan mencari cara agar para jamaah bisa merasa senang beribadah di masjid. Kemudian, pelayanannya juga bagus serta bersih. Insya Allah, orang yang memakmurkan masjid akan dimakmurkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala," ujar H. Ria Norsan memberi motivasi.


Wagub Kalbar juga memberikan apresiasi dan ucapan selamat milad ke-43 tahun kepada Remaja Masjid Mujahidin.


"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan mengucapkan Selamat Milad ke-43 tahun kepada Remaja Masjid Raya Mujahidin. Semoga tetap konsisten dalam syiar, dakwah, sosial, yang senantiasa dirasakan manfaatnya oleh umat Islam di Kalimantan Barat," tutur Wagub Kalbar.


Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur juga membagikan kenangan masa kecilnya yang tumbuh dari masjid. 


"Sewaktu kecil, saya banyak beribadah di Masjid At-Taqwa Mempawah. Kemudian, ke Masjid Agung Al Falah Mempawah. Alhamdulillah sekarang kedua masjid tersebut sudah bagus. Masjid Raya Mujahidin juga sekarang menjadi kebanggaan kita. Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan memberikan petunjuk kepada orang-orang yang memakmurkan masjid. Oleh sebab itu, remaja masjid harus memiliki visi dan misi untuk memakmurkan Masjid Raya Mujahidin ini," pinta H. Ria Norsan.


Selain memiliki visi dan misi, Remaja Masjid Mujahidin juga harus mempunyai inovasi dalam memajukan Masjid Raya Mujahidin.

"Jadi, remaja masjid juga harus memiliki jiwa entrepreneur agar organisasi ini memberikan manfaat untuk orang banyak dan menghasilkan dana untuk biaya operasional kegiatan organisasi," kata Wagub Kalbar.


Sebagai informasi, Remaja Masjid adalah garda terdepan proses perjuangan, pembaruan, pembangunan bangsa dan peradaban Islam. Masjid di Indonesia dalam era modern saat ini berperan sebagai inkubator untuk melahirkan remaja masjid yang akan memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Pemuda dan remaja masjid menjadi garda terdepan membentengi bangsa ini dengan berbagai kegiatan positif. Remaja muslim memiliki potensi besar yang harus dikembangkan dalam berbagai bidang, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh seluruh umat.


Turut hadir pada acara seminar Talkshow dan Silaturahmi Akbar Milad Remaja Mujahidin Kalbar yang ke-43, yakni Ketua Yayasan Masjid Mujahidin Kalbar, Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si., dan Sekretaris Umum Remaja Mujahidin Kalbar, Agus Hermanto, S.H.(irf)


Sumber : Adpim Prov. Kalbar 

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .