Kapendam XII/Tpr : TMMD Ke-113 Gali Potensi dan Sumber Daya Wilayah 


Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 di wilayah Kodam XII/Tanjungpura hari ini secara resmi dibuka. Pembukaan dilakukan oleh para Kepala Daerah yang wilayahnya menjadi sasaran program TMMD. Program bekerja sama dengan Pemerintah Daerah kali ini dilaksanakan oleh Kodam XII/Tpr di tiga wilayah. Rabu (11/5/2022).


Demikian disampaikan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Hendra Purwanasari, S.Sos., melalui keterangan tertulis pada hari ini di Kantor Pendam XII/Tpr, Jalan Teuku Umar, Kota Pontianak.


Kapendam XII/Tpr menjelaskan TMMD Reguler ke-113 yang mengangkat tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" ini dilaksanakan oleh Kodam XII/Tpr di tiga Kodim jajaran. Diantaranya, Kodim 1201/Mempawah dilaksanakan di Desa Tengon, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Satgas TMMD di wilayah ini akan melaksanakan pembangunan fisik berupa peningkatan badan jalan sepanjang 10 Kilometer dengan lebar 6 Meter.


Kemudian, di Kodim 1204/Sanggau yang dilaksanakan di Desa Entakai, Kecamatan Kapuas dan Desa Selampung, Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau. Dengan sasaran fisik berupa peningkatan jalan sepanjang 24,1 Kilometer dengan lebar 6 Meter dan pembangunan gorong-gorong sebanyak 9 titik.


Kemudian Kodim 1014/Pangkalan Bun dilaksanakan di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara. Dengan sasaran fisik berupa penimbunan badan jalan sepanjang 4 Kilometer dan pengecoran bahu jalan. Selain itu untuk sasaran tambahan Satgas TMMD juga akan membangun 1 unit mushola.


"Selain melaksanakan pembangunan fisik, masing-masing Satgas TMMD juga akan melaksanakan pembangunan non fisik. Untuk non fisik mereka akan melaksanakan penyuluhan dan kegiatan sosial di lokasi sasaran TMMD. Seperti wawasan kebangsaan, bela negara, bahaya terorisme, pertanian, stunting dan Posyandu," katanya.


Kolonel Inf Hendra Purwanasari mengatakan, program TMMD kali ini dilaksanakan oleh Kodam bekerja sama dengan lintas sektoral. Program TMMD ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat pemerataan pembangunan khususnya infrastruktur dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.


"Selain meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, melalui programTMMD ini juga diharapkan mampu menggali potensi dan sumber daya yang ada di wilayah sasaran sehingga nantinya taraf hidup masyarakat semakin meningkat," tuturnya mengakhiri.


Sumber : Pendam XII/Tpr

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .