Polres Kubu Raya menggelar Apel Kesiapan dalam rangka pengamanan malam takbiran dan Sholat Idul Fitri 1443 H di wilayah hukum Polres Kubu Raya (1/5/2022) sore.


Apel kesiapan dipimpin langsung oleh Kapolres Kubu Raya, AKBP. Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K, M.Si bertindak selaku Inspektur Apel.


Hadir dalam apel kesiapan pengamanan malam takbiran dan sholat Idulfitri 1443 H Dandim 1207/BS Pontianak diwakili Pasiops, Kapten Inf Jiyo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, H. Marijan, S.Pd, M.Kes, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Drs. Odang Prasetyo, M.Si, Kepala BPBD Kab. Kubu Raya, Yassier, Kasat Pol PP Kabupaten Kubu Raya, Ardiansyah, Wakapolres Kubu Raya, Kompol Sandhy W.G Suawa, S.P, S.I.K, M.H, PJU Polres Kubu Raya, Kapolsek Jajaran Polres Kubu Raya.


Adapun peserta apel kesiapan pengamanan malam takbiran dan Sholat Idulfitri 1443 H satu peleton Personil Polres Kubu Raya, satu peleton Dinas Perhubungan, satu peleton Satpol PP kabupaten kubu raya dan TNI Kodim 1207/BS Pontianak.


Dalam amanatnya Kapolres Kubu Raya, AKBP. Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K, M.Si menyampaikan ucapan syukur mengatakan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Besar, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.


"Hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir dalam rangka Apel Kesiapan Falam rangka Pam malam Takbiran dan Sholat Ied 1443 H di wilayah hukum Polres Kubu Raya.

Dalam menyambut perayaan Idul FItri 1443 H di tahun 2022 ini dimungkinkan akan terjadi lonjakan dan kemacetan di jalur-jalur keluar kota maupun dalam kota serta kita juga mengantisipasi di tempat-tempat wisata, perbelanjaan dan pasar - pasar yang akan meningkat seiring perayaan hari lebaran. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcarlantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19", kata Kapolres.


"Oleh karena itu, pengamanan malam Takbiran dan Sholat Ied 1443 H di wilayah hukum Polres Kubu Raya dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional", tambahnya.


Dalam pelaksanaan pengamanan ini, Polres Kubu Raya mempersiapkan 200 personil Polri baik dari Polres Kubu Raya dan jajaran ditambah backup oleh 30 personel TNI dan 177 personel instansi terkait lainnya. Personil tersebut akan ditempatkan pada Pam Malam Takbiran, patroli mobile serta Pam Sholat Ied baik ditempat tertutup maupun dilapangan terbuka.


Polres Kubu Raya telah menyiapkan 6 Pos terdiri 3 Pos Pengaman dan 3 Pos Terpadu di wilayah Kubu Raya guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat yang akan merayakan lebaran.


"Masing-masing Pos yang kita tempatkan yaitu Pos Terpadu Bandara Supadio, Pos Terpadu Terminal ALBN Trans Ambawang, Pos Terpadu Pelabuhan Rasau Jaya, Pos pengamanan Simpang Kapur, Pos Pengamanan Parit Baru serta Pos Pengamanan Gaia Bumi Raya City Mall", kata Kapolres Kubu Raya AKBP. Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K, M.Si.


Ia menegaskan pengamanan ini tidak dapat dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingg jangan sampai terkena dan under estimate  serta kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan dilapangan, apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini, diharapkan petugas harus lebih peduli. Sehingga kegiatan perayaan ibadah Sholat Ied 1443 H tidak menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.


"Untuk itu, saya harapkan seluruh personil Polri bersama TNI serta instansi terkait mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada wilayah Kab. Kubu Raya", tegas Kapolres.


"Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya selaku Kapolres Kubu Raya beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan "Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin 1 Syawal 1443 H" kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam kesiapan Apel dalam rangka Pam malam Takbiran dan Sholat Ied 1443 H di wilayah hukum Polres Kubu Raya dan kepada msyarakat Kabupaten Kubu Raya pada umumnya", tutup Kapolres.


Sumber : Dodik, Humas Polres Kubu Raya

(Media Baru TVRI Kalbar)