Upacara renungan suci, refleksi penguatan nilai-nilai kejuangan dan doa lintas agama untuk para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Jalan Adi Sucipto, Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya.

Upacara tersebut dalam rangka pembinaan dan pelatihan penguatan nilai-nilai kebangsaan yang diikuti oleh personel Polres Kubu Raya, Rabu (1/6/2022) malam.


Kasubsi PIDM Humas Polres Kubu Raya menjelaskan, sebanyak 50 personel Polres Kubu Raya melaksanakan upacara renungan suci di TMP Dharma Patria Jaya Sungai Raya.


"Adapun rangkaian kegiatan upacara renungan suci diawali dengan menyanyikan agu Indonesia Raya dan lagu Wajib Nasional dan dilanjutkan dengan ziarah", kata Dodik.


Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K., M.S.i., yang diwakili Kabag SDM Kompol B. Sembering bertindak selaku inspektur upacara dan memimpin langsung renungan suci dan didamping Kapolsek Sungai Raya Kompol Charles Sitorus.


Usai melaksanakan renungan suci, Kabag SDM Polres Kubu Raya Kompol B. Sembiring menjelaskan, peserta pelatihan diharapkan dapat memahami cita-cita pahlawan kemerdekaan Indonesia yang berlandaskan Undang-undang Dasar 1945 dan berdasarkan Pancasila. Sehingga keutuhan NKRI tetap terjaga dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam mencapai tujuan nasional. 


"Diharapkan dengan diadakannya kegiatan upacara renungan suci ini kepada peserta pelatihan dan pembinaan nilai-nilai wawasan kebangsaan. Dan para peserta mampu menjadi penangkal pengaruh negatif yang dapat merusak keutuhan negara. Selama kegiatan berlangsungnya kita tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19", kata B. Sembiring mengakhiri.


Sumber : Humas Polres Kubu Raya
(Media Baru TVRI Kalbar)