Bupati Buka Pameran Temporer Museum Daerah Kabupaten Sambas


Bupati Sambas, Satono, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Yunisa Satono, membuka Pemeran Temporer Museum Daerah Kabupaten Sambas dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Sambas ke-391 dan Perpindahan Ibukota Sambas ke-23, Senin (11/7/2022).


Pembukaan Pameran Temporer Museum Daerah Kabupaten Sambas tersebut, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar, Pewaris Kesultanan Sambas, Pangeran Ratu Muhammad Tarhan, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Sambas, dr I Ketut Sukarja, dan jajaran Forkopimda.


Dalam sesi wawancara, Bupati Sambas, Satono mengatakan, Pameran Temporer Museum Daerah Kabupaten Sambas tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam memperkenalkan khazanah budaya kepada masyarakat terutama generasi muda. Dia ingin, generasi muda di Kabupaten Sambas mengenal sejarah daerahnya.


"Pameran Temporer ini adalah upaya kita untuk memperkenalkan dan mempertahankan khazanah budaya dan sejarah daerah kita kepada masyarakat luas, terutama kepada generasi muda. Mereka harus belajar sejarah Kabupaten Sambas, jangan sampai hilang ditelan zaman," katanya.



Bupati Sambas, Satono, meminta agar ke depannya, Museum Daerah Kabupaten Sambas, bekerjasama dengan Kesultanan Sambas, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, mengarahkan agar setiap institusi pendidikan membuat kelompok belajar yang mana pusat belajarnya adalah Museum Daerah.


"Artinya bagaimana kita berkolaborasi, saling mendukung dan bersinergi, agar Museum Daerah Kabupaten Sambas ini bisa maju, bisa ramai dikunjungi masyarakat, terutama para pelajar bagi siswa maupun mahasiswa. Dengan begitu, banyak aspek yang terangkat, mulai dari khazanah budaya, literasi pendidikan, dan pariwisata," katanya.


Terakhir Bupati Sambas, Satono meminta agar Museum Daerah Kabupaten Sambas semakin gencar melakukan Pameran Temporer ke depannya. Sehingga eksistensi Museum Daerah semakin tinggi dan khazanah budaya di Kabupaten Sambas semakin terangkat. Selain itu, Museum Daerah juga punya banyak koleksi menarik yang bisa dijadikan rujukan sejarah. 


Sumber : Prokompim Sambas
(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .