Hadiri Rapat Stunting di Kecamatan Sadaniang, Babinsa Koramil Toho Sampaikan ini!!!


Babinsa Koramil 1201-05/Toho Serda Sawaludim menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi penanganan stunting di gedung serbaguna Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah, Kamis (28/7/2022).


Serda Sawaludin mengatakan, stunting merupakan masalah gizi, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama. Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun. 


"Selain pertumbuhan tubuh terhambat, stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak," ucap Serda Sawaludin.


Ia juga mengungkapkan tujuan dilaksanakannya rembuk stunting adalah untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan dalam peningkatan stunting serta meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam melakukan perencanaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi, serta sosialisasi dan komunikasi interpersonal.


"Dalam hal ini kami juga sudah melakukan upaya penurunan stunting dengan pelaksanaan program Bhakti TNI yaitu jambanisasi, guna menjaga sanitasi lingkungan masyarakat desa wilayah Koramil 05 Toho," ujar Serda Sawaludin.


Sementara itu Camat Sadaniang Budi Utoyo, S. Sos. mengajak kepada yang hadir dapat mengambil pelajaran dari acara Sosialisasi Pencegahan Stunting hari ini.


“Sosialisasi ini diharapkan dapat mewujudkan komitmen bersama seluruh komponen masyarakat dalam menyelenggarakan intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif secara konvergen, sehingga nantinya Kecamatan Sadaniang akan terbebas dari persoalan stunting,” ungkap Budi Utoyo, S. Sos.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)












0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .