Mengasah Kemampuan, Prajurit Kowal Lantamal XII Latihan Menembak Pistol


Sebanyak 10 orang Prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) Lantamal XII melaksanakan latihan menembak Pistol di lapangan tembak Mako Lantamal XII Jalan Raya Wajok Hilir Kabupaten Mempawah, Jumat (8/7/2022).


Menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI. Tidak hanya berlaku bagi prajurit pria saja, namun keterampilan menggunakan senjata api jenis pistol juga wajib dimiliki oleh prajurit wanita khususnya Korps Wanita TNI AL (Kowal).


Kegiatan latihan menembak ini juga di hadiri oleh Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si. (Han), Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Sugiyanto, S.T., M.M., para Pejabat Utama Lantamal dan Kadis/Kasatker.



Pelaksanaan latihan menembak menggunakan Pistol G2 Combat kaliber 9 mm buatan Pindad dengan jarak 20 meter, 3 butir amunisi sebagai percobaan dan 10 butir amunisi untuk penilaian dengan sikap menembak presisi (slow fire) dengan waktu 3 menit dan 10 butir amunisi untuk penilaian dengan sikap reaksi (rafid fire) dengan waktu 63 detik dengan terlebih dahulu menjatuhkan pelat setelah itu ke lesan sasaran.


"Adapun tujuan dalam latihan menembak kali ini, selain berolahraga guna juga untuk mengasah naluri tempur dan meningkatkan profesionalisme dalam menembak pistol. Sementara itu esensi dari menembak pistol, adalah untuk melatih kecermatan, fokus dan konsentrasi serta kesabaran dan ketenangan dalam menembak sasaran yang telah disiapkan sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. 

Menembak senjata, merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI. Oleh sebab itu, kemampuan tersebut harus terus dipelihara dan ditingkatkan," demikian ucap Danlantamal XII  


"Latihan menembak ini, tentunya untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan kita semua sebagai prajurit. Namun latihan ini juga untuk membuat badan dan pikiran menjadi fresh kembali setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga dan fikiran. Waktu dan fasilitas yang ada harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan perorangan khususnya dalam bidang menembak," pungkasnya. 


Sumber : Dispen Lantamal XII
(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .