WAGUB KALBAR HADIRI LAUNCHING JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM


Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan M.M., M.H., bersama istri Ny. Erlina, S.H, M.H., terpukau melihat kemegahan Jakarta International Stadium (JIS) yang baru saja diresmikan (di launching) oleh Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D,. Minggu (24/7/2022). 

Dirinya berharap, JIS bisa meningkatkan prestasi olahraga nasional khususnya sepak bola di tanah air dan bisa mengharumkan Indonesia di kancah Internasional.


"Pesan saya bahwa kita hari ini menyaksikan grand launching JIS yang mana sangat megah sekali dan bertaraf internasional. Mudah-mudahan JIS ini bisa menjadi kebanggaan Indonesia serta dapat meningkatkan olahraga sehingga mampu mengukir prestasi di kancah internasional," ungkap Wagub Kalbar.


Selain itu, dengan keberadaan JIS dapat memotivasi dunia sepak bola di daerah-daerah untuk meraih prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.


"Saya berharap JIS bisa memotivasi dan membangkitkan semangat dunia sepak bola di indonesia hingga mampu go internasional," ujar Ria Norsan.


Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta  H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D,  mengungkapkan, JIS di dipersembahkan untuk warga Ibu Kota, terkhusus penggemar klub sepak bola Persija, Jakmania. Hal tersebut dinyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan sambutan kegiatan grand launching JIS tersebut.


"Hari ini, maha karya (JIS) berdiri di Jakarta, dipersembahkan untuk The Jakmania, untuk warga Jakarta dan untuk Indonesia," paparnya.


Menurutnya, JIS menjadi bukti bahwa impiannya untuk membangun stadion di Ibu Kota bisa tercapai dan JIS secara keseluruhan dibangun oleh anak bangsa.


"Mahakarya ini 100 persen dibangun oleh anak bangsa, Ini adalah kerja kolosal, ini bukan kerja satu orang ini kerja ribuan orang. Ribuan orang bekerja siang malam menuntaskan sebuah proyek mahakarya ini. Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih kepada para pekerja yang tidak pernah tampak di layar manapun, tetapi keringatnya yang membuat stadion ini bisa berdiri," ungkap Anies.


Untuk diketahui JIS memiliki lahan seluas 26 hektare yang dapat menampung hingga 82.000 penonton dan memiliki standar stadion sepakbola Internasional FIFA. Tak hanya itu saja, terdapat fasilitas Retractable Roof atau Atap dengan sistem yang dapat terbuka atau tertutup sesuai dengan kebutuhan stadion agar menjadi indoor atau outdoor, serta berkonsep sustainability atau berkelanjutan. Membuat konsep bangunannya yang ramah lingkungan dengan menggunakan energi panel surya sebagai sumber listrik di dalam stadion, memiliki sertifikat dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Pada ruang dan taman di JIS juga ramah lingkungan dengan lampu yang hemat daya yaitu menggunakan LED dan terdapat teknologi dengan lubang-lubang kecil di sekitar stadion yang menjadi jalur sirkulasi udara agar dapat mengurangi penggunaan AC listrik.


Kegiatan seremonial Grand Launching JIS juga dimeriahkan sejumlah band yang dimulai pukul 16.30 WIB. Sederet band Tanah Air yang memeriahkan grand launching ini adalah Dewa 19 featuring Virzha, Setia Band dan Kotak. Terdapat pula laga persahabatan antara Persija melawan Chonburi FC, klub sepakbola Liga 1 asal Thailand yang berakhir dengan skor 3-3. (aws)


Sumber : Adpim Prov. Kalbar

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .