Raih Gelar Doktoral Ilmu Manajemen Untan, Wakainfolahtadam XII/Tpr Ajak Prajurit Ikuti Perkembangan Ilmu dan Teknologi


Wakil Kepala Informasi dan Pengolahan Data Kodam (Wakainfolahtadam) XII/Tanjungpura, Letkol Inf Ferdinand Hasudungan Siagian mengajak kepada kalangan muda terutama para Prajurit TNI untuk selalu belajar dan berusaha mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi serta perubahan dinamis di lingkungan global, regional maupun lokal. Ajakan tersebut disampaikan dirinya usai menerima gelar Doktor pada Sidang Terbuka Promosi Doktor di Ruang Conference Gedung PPAK Lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (FEB Untan).


"Harus bisa membagi waktu antara dinas dan mengikuti pendidikan. Harus pandai meluangkan waktu antara kedinasan dengan pendidikan. Ini tentunya, sudah selalu diterapkan dalam milter, yaitu disiplin dalam setiap waktu dan kegiatan," tutur Letkol Inf Ferdinand.


Untuk diketahui, Letkol Inf Ferdinand Hasudungan Siagian berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen dari FEB Untan setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul, "Peran Organizational Military Behavior dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasional terhadap Kinerja Personel Kodam XII/Tanjungpura". Sehingga dinyatakan lulus dengan dengan nilai 85 dan meraih predikat A.


Atas keberhasilannya tersebut, Letkol Inf Ferdinand menyatakan bahwa dengan menyelesaikan pendidikan program Doktoral, maka dapat memberikan pengabdian di kedinasan dan juga di lembaga pendidikan, dengan harapan ke depannya, bisa meraih dan mencapai gelar Guru Besar atau Profesor.


"Motivasi saya mencapai status pendidikan formal tertinggi ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan sikap perilaku dalam proses belajar mengajar serta menambah tingkatan akademik dari Promovendus," ungkap Pamen ini.


Ia juga menceritakan, perjuangan selama menyelesaikan pendidikan Doktoral adalah meninggalkan keluarga selama proses pendidikan atau perkuliahan yang berlangsung sejak hari jumat sampai dengan hari minggu dan penelitian serta selama penulisan disertasi.


"Tentunya, harus meluangkan waktu dan mengeluarkan tenaga serta biaya selama pendidikan. Perjuangan panjang selama pendidikan, saya harus melakukan pengobatan Ca Nasofaring, selama dua tahun dan sampai dengan saat ini, masih menjalani pemulihan kesehatan," ungkapnya.


Letkol Inf Ferdinand juga menceritakan, penelitian disertasi yang berjudul The Role of Organizational Military Behavior in Mediating the Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction and Organizational Culture on the Performance of Military Personnel of Kodam XII/Tanjungpura atau Peran Organizational Military Behavior dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasional terhadap Kinerja Personel Kodam XII/Tanjungpura, dilakukan untuk mengetahui terkait Kinerja Personel di Lingkungan Kodam XII/Tpr, ditinjau dari variabel Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasional dan Organizational Military Behavior sebagai variabel mediasinya dan Novelty atau Kebaruan dari penelitian.


"Adapun manfaat dalam dunia pendidikan adalah mengembangkan pengaplikasian teori baru pada bidang MSDM terkait dengan variabel Organizational Military Behavior (OMB). Selain itu utk membantu dalam menentukan faktor-faktor yg dapat mempengaruhi kinerja personel atau pegawai dalam merespon perubahan lingkungan yang dinamis," kata Letkol Inf Ferdinand.


Wakainfolahtadam XII/Tpr ini sangat bersyukur dengan Hasil Sidang Terbuka Promosi Doktor yang berhasil lulus dengan nilai 85 dan mendapat predikat A. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukungnya.


"Kepada Bapak Pangdam XII/Tpr, Bapak Kasdam, seluruh jajaran pejabat dan personel. Juga kepada Bapak Rektor Untan dan staf pengajar doktoral FEB Untan, kepada istri dan anak serta keluar besar. Semoga ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat bagi semestas alam," ucap Letkol Inf Ferdinand Hasudungan Siagian.


Profil Promovendus 

Letkol Inf Ferdinand Hasudungan Siagian, dilahirkan pada 10 Februari 1976, dari pasangan orang tua, Bapak Letkol (Purn) Marinir Horasy Royhard Siagian (Almarhum) dan Ibu Melfalaurina Pasuria Doloksaribu. Ia lalu menikah dengan Maria Leticia Meiko, S.E. dan mempunyai tiga orang putra, yaitu Alvin Gunawan, Vincent Meyer Allegra, dan Fernando Joseph P.S. 


Saat ini, ia bertugas di satuan Infolahta Kodam XII/Tanjungpura, dengan jabatan sebagai Wakainfolahtadam XII/Tpr dan menduduki jabatan Nonstruktural sebagai Kepala Pusat Koperasi AD Tanjungpura.  Promovendus lulus SD dari SD Kristen Petrus Surabaya tahun 1988, Lulus SMP dari SMP Kristen Petrus Surabaya tahun 1991 dan lulus SMU dari SMU Negeri 9 Surabaya tahun 1994. 


Lanjut mengikuti pendidikan Akademi Militer dan lulus tahun 1997. Ia lalu mengikuti seleksi beasiwa S1 Mabes TNI dan masuk STTAL (Sekolah Tinggi Teknologi TNI-AL) Jurusan Teknik Manajemen Industri dan lulus tahun 2006. Selesai mengikuti pendidikan Seskoad tahun 2014, Promovendus mendapatkan gelar Magister Pertahanan tahun 2016 dari Program beasiswa Pasca Sarjana Universitas Pertahanan Indonesia jurusan Manajemen Pertahanan Darat.


Dalam menempuh program Doktoral Ilmu Manajemen FEB Untan, Promovendus telah mempublikasikan Jurnal dengan judul: The Role of Organizational Military Behavior in Mediating the Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction, Organizational Culture on Performance of Military Personnel of Kodam XII/Tanjungpura.

Pada Jurnal : Business and International Management pada tahun 2022. Sebelumnya Promovendus, di hadapan penguji mempertahankan disertasinya dengan judul Peran Organizational Military Behavior dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasional terhadap Kinerja Personel Kodam XII/Tpr. Dengan Tim Promotor Prof. Dr. Djoko Setyadi,S.E., M.Sc. dan Ko Promotor Dr. M. Irfani Hendri, S.E., M.M.


Sumber :  Pendam XII

(Media Baru TVRI Kalbar)


0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .