Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M. Si (Han) menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP di lapangan Tidayu Makodam XII/Tpr.

Apel tersebut dipimpin oleh Kasdam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Djauhari, S.E., M.M. dan Wakapolda Kalbar, Brigadir Jenderal Pol Asep Safrudin, S.I.K., M.H dalam rangka rencana kunjungan kerja Wakil Presiden RI Prof. Dr (H.C) K.H. Maruf Amin di Kota Pontianak, Selasa (22/11/2022).


Dalam amanatnya Brigadir Jenderal TNI Djauhari, S.E., M.M., menegaskan, tiap personel pengamanan kunjungan Wakil Presiden RI Prof. Dr (H.C) K.H. Maruf Amin di wilayah Kalimantan Barat, harus memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk memberikan keamanan, kelancaran dan kenyamanan.

Selain itu dalam kegiatan pengamanan tersebut masing-masing sektor agar memahami dan menguasai tugasnya.


"Jika terjadi sesuatu, harus tau melaporkan kemana dan bagaimana, sehingga dalam pelaksanaan pengamanan ini tidak ada lagi ego sektoral, kita harus bersinergi dengan semua instansi, laksanakan pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan maksimal," jelas Kasdam XII/Tpr.


Sementara itu, Wakapolda Kalimantan Barat Brigadir Jenderal Pol Asep Safrudin, S.I.K., M.H., dalam amanatnya menyampaikan, agar para perwira pengendali pengamanan harus betul-betul hafal dengan personelnya masing-masing dan menguasai penempatan personelnya dimana saja berada, begitu juga sebaliknya personel pengamanan yang lain agar mengenali pemimpinnya masing-masing serta dimana penempatan sektornya.


“Mari kita laksanakan tugas pengamanan kunjungan kerja Wakil Presiden RI di Wilayah Kalimantan Barat ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin agar kegiatan pengamanan dapat berjalan dengan aman tanpa hambatan apapun,” kata Wakapolda.


Kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan ini sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut yaitu “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan”. 


Acara kemudian diakhiri dengan insert pasukan dan kendaraan disektor masing-masing. Hadir pada kegiatan apel gelar Pasukan Pengamanan VVIP RI 2 tersebut: para pejabat Militer TNI dan Polri, Satpol PP, Dishub dan Damkar.


Sumber : Dispen Lantamal XII
(Media Baru TVRI Kalbar)