Setelah melakukan peninjauan secara langsung kebeberapa ruas jalan di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata yang sudah ambruk akibat dari hantaman abrasi air laut, maka Bupati Kayong Utara, Citra Duani memerintahkan kepada Dinas PUPR KKU untuk melaksanakan penanganan abrasi air laut ini agar segera dilaksanakan.


Hal ini diutarakannya sebelum kegiatan acara seremonial Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Kayong Utara di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata dengan didampingi dari Dinas PUPR KKU, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda. Kayong Utara, Kepala Desa Padang dan masyarakat setempat, Kamis (30/3/2023). 


Selain penanganan konstruksi abrasi air laut, beberapa ruas jalan yang sudah ambruk tersebut juga mendapat perhatian untuk segera dilaksanakan perbaikannya dan secara teknis pelaksanaannya diserahkan kepada Dinas PUPR KKU.


"Kondisi kerusakan jalan seperti ini tentunya tidak bisa kita biarkan terlalu lama, karena akan dapat membahayakan bagi warga Desa Padang yang menggunakan jalan tersebut.

Selain itu juga akan berpengaruh kurang baik terhadap aktivitas warga sehari-hari serta kondisi kehidupan sosial lainnya. Tanah yang runtuh terkikis air laut jika dibiarkan terlalu lama, maka keruntuhan tanah tersebut lama kelamaan juga akan dapat mendekati ke permukiman tempat tinggal warga", kata Bupati Citra.



"Menyikapi kondisi ini tentu saja peran dan fungsi pemerintah harus peka dan hadir guna mengatasi hal-hal yang menjadi keluhan dan kesulitan warga yang berdomisili di pulau terluar ini. Oleh karenanya sudah menjadi tugas dan tanggungjawab Pemda Kayong Utara untuk mengatasi masalah jalan tersebut", katanya menegaskan.


Citra meminta kepada Dinas PUPR Kabupaten Kayong Utara agar segera membuatkan langkah-langkah desain konstruksinya dan hal-hal lain yang menjadi pendukungnya sebaik mungkin dengan berprinsip tidak ada warga yang dirugikan. Meskipun demikian, katanya lagi, karena ini juga berkaitan dengan kepentingan masyarakat, maka dirinya berharap ada kerjasama yang baik dari masyarakat dan dukungan peran aktifnya sangat diperlukan supaya proses pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar.


Sumber : Prokopim

(Media Baru TVRI Kalbar)