Masih ralam rangkaian kegiatan HKG Ke-52 Provinsi Kalimantan Barat, pada malam ini digelar acara Malam Ramah Tamah antara Penjabat Gubernur Kalimantan Barat dan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat dengan Bupati/Walikota beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten / Kota se - Kalimantan Barat, pada Kamis Malam (25/04/2024).

Mewakili Penjabat Gubernur Kalimantan Barat dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari, S.Sos, M.Si, juga turut serta dihadiri Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari, S.STP., M.Si. pada Malam Ramah Tamah atau Gala Dinner yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Ke- 52 tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pontianak bertempat di Gedung Pontianak Convention Center Jalan Sultan Abdurrahman Pontianak.

Pj. Sekda M. Bari menjelaskan bahwa Bulan Bakti Gotong - Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan momentum bagi bersama untuk mengingatkan semua akan arti penting gotong-royong terutama generasi penerus yang akan memikul sejarah kedepan, sehingga semangat ini harus ditanamkan kepada generasi muda.

"Semangat gotong - royong yang ditanamkan sejak dini kepada anak - anak, mereka dapat tumbuh menjadi karakter sehingga generasi muda senantiasa bermusyawarah dalam memutuskan dan bergotong-royong dalam bekerja, untuk itu setelah gotong-royong diajarkan kegiatan praktek - praktek yang nyata dan bukan sekedar wacana", jelas Penjabat Sekda Provinsi Kalbar.

Bari menambahkan bahwa keberadaan gotong-royong dalam kehidupan bangsa Indonesia merupakan kearifan lokal yang perlu dikembangkan pada generasi muda saat ini. Peran PKK dengan menanamkan nilai - nilai gotong - royong pada generasi muda dapat dimulai dari tingkat keluarga yang merupakan sasaran dari gerakan PKK. 

Ia mengajak kepada seluruh kader PKK untuk terus meningkatkan peran dan andilnya pada pembangunan daerah, PKK seharusnya menjadi motor penggerak dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan masyarakat yang maju, sejalan dengan gerakan PKK, pembentukan karakter dikalangan generasi muda juga menjadi salah satu program dari BKKBN, yaitu Program Genre, atau Generasi Berencana, melalui Pembinaan dan Pengembangan Remaja untuk mewujudkan ketahanan keluarga dan generasi berkualitas. Genre dan PKK dapat saling melengkapi dalam upaya membangun karakter dan ketahanan keras pemuda Indonesia sehingga kolaborasi dan sinergi merupakan sangat penting untuk mencapai tujuan bersama.

"Saya mengucapkan Terima Kasih dan Apresiasi kepada Pemerintah Kota Pontianak yang pada tahun ini menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Pencanangan Bulan Bakti Gotong - Royong Masyarakat (BBGRM) ke - 21, Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke - 52, Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke - 31 dan Pencanangan GKKKB Kesehatan Tingkat Provinsi Tahun 2024, Dukungan Penuh dari Pemerintah Kota Pontianak tersebut sangat berarti bagi kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini" tutup Mohammad Bari.

Di tempat yang sama, Penjabat Walikota Pontianak, Drs. Anis Sofian, M.M., mengucapkan Selamat Datang di Kota Pontianak, selaku Tuan Rumah dimana kegiatan ini mulai tanggal 24 sampai dengan 26 April 2024.

“Kami selaku Tuan Rumah mengucapkan rasa syukur atas kehadiran tamu undangan pada malam hari ini, besar harapan kami, kepada Bapak dan Ibu sekalian dapat mempererat persaudaraan diantara kita. Dalam rangkaian kegiatan yang telah kita laksanakan mencerminkan bahwa gotong-royong masyarakat merupakan momentum untuk meningkatkan tentang arti pentingnya gotong-royong, terutama bagi generasi penerus masa depan bangsa, itulah sebabnya semangat gotong-royong harus diterapkan melalui wujud nyata dan bukan hanya sekedar slogan belaka", jelas Penjabat Walikota Pontianak.

Selanjutnya Ani Sofian menambahkan bahwa Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dilaksanakan untuk meningkatkan semangat pembaharuan, mengembangkan daya kreasi dan kreativitas dalam memberdayakan keluarga.

"Kegiatan ini merupakan momentum untuk menekuni bahwa PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang senantiasa berusaha membuat energi maju atas peran sertanya dalam pembangunan, Tim Penegak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah bertugas untuk mensosialisasikan program-program kerja Pemerintah serta mampu membantu mengatasi permasalahan masyarakat dalam hal memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat. Selain itu melalui Hari Keluarga Nasional, bersama - sama kita tingkatkan komunikasi, kolaborasi, dan sinergi menjadi sebuah silerasi akan betapa pentingnya peran keluarga dalam konsep berkeluarga dan bernegara", tutur Ani Sofian.

Pada acara tersebut juga ditampilkan Tele Show Kreatifitas Seni dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar dan 14 Tim Penggerak Kabupaten/Kota, dimana untuk pemenang Penampilan Tele Show tersebut dimenangkan untuk Juara Pertama mendapatkan hadiah sebesar 10 Juta Rupiah diperoleh oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkayang, dan Juara Kedua dengan hadiah Rp. 7.500.000,- diperoleh Kabupaten Ketapang dan Juara Ketiga hadiah sebesar Rp. 5.000.000,- diperoleh Kabupaten Sanggau, kemudian ada hadiah tambahan dari Bank Kalbar untuk juara favorit sebesar masing - masing Rp. 5.000.000,- diperoleh Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dan Kota Pontianak.

Acara Malam Ramah Tamah dalam Rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke - 52 Provinsi Kalimantan Barat, dihadiri oleh Jajaran Pimpinan Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Penjabat Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Direktur Bank Kalbar, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar periode 2018 - 2023, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, Bupati/Walikota atau yang mewakili se- Kalimantan Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten / Kota se- Kalimantan Barat dan seluruh jajarannya yang hadir pada malam ini. (sma)

Sumber : Adpim Prov Kalbar 
Publisher : Darius Tarigan