Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong, bersama instansi terkait yang berada di Wilayah Entikong dan Sekayam menggelar Rapat Koordinasi Tim PORA (Pengawasan Orang Asing).

"Adanya Tim PORA sendiri merupakan amanat dari pasal 69 Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian dan menjadi Implementasi wujud koordinasi dan sinergi antar Instansi dalam hal pengawasan orang Asing," kata Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Kalbar, Hajar Aswad, Selasa (7/5/2024).

Selain itu juga, dibentuknya Tim Pora ditujukan untuk menjaga stabilitas keamanan dan pertumbuhan ekonomi negara Republik Indonesia.

Diharapkan peran serta Instansi-instansi yang menjadi anggota Tim Pora nantinya dapat membantu pengawasan orang asing.

"Sehingga orang asing yang berada di wilayah kerjanya, hanya yang memiliki manfaat positif bagi daerahnya, dan memberikan dampak timbal balik sebagaimana Penerapan azas Selective Policy dan Resiprokal yang menjadi asas pembentukan regulasi keimigrasian khususnya bagi orang asing yang hendak dan saat masuk di Indonesia," paparnya.

Disampaikan Hajar Aswad, perlu peran dari instansi terkait dalam hal pengawasan orang asing, karena tidak menutup kemungkinan bahwa orang asing yang masuk dan berada di Indonesia juga menjadi pelaku Transnational Crimes, terorisme, Cybercrime, Mining Crime dan lain-lainnya.

"Diharapkan dengan soliditas dari instansi-instansi yang menjadi anggota Tim PORA ini dapat membuat pengawasan orang asing yang lebih baik bagi keamanan dan kemajuan Negara Republik Indonesia," ujar Hajar Aswad. 

Sementara itu,kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong, Sam Fernando mengatakan pengawasan orang asing rutin dilakukan bersama instansi terkait baik di Entikong dan Sekayam. 

"Keberadaan orang asing diperbatasan tetap menjadi pengawasan pihaknya bersama Tim Pora.Selain itu jalur tradisional juga menjadi perhatian khusus Imigrasi karena rawan digunakan untuk masuk dan keluar wilayah Indonesia," tutup Sam Fernando.

Sumber : Agus Alfian 
Publisher : Darius Tarigan