Penjabat Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya, menyampaikan bahwa pencapaian nilai Monitoring Center Prevention (MCP) Kabupaten Kayong Utara pada tahun 2023 adalah 78 (tujuh puluh delapan). Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Wilayah Kalimantan Barat di Gedung Garuda Kantor Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (7/5/2024).

Romi menjelaskan bahwa hasil evaluasi menunjukkan beberapa faktor yang menyebabkan nilai MCP belum optimal, di antaranya:

Pertama : Belum optimalnya pemenuhan dokumen atas tiap indikator area intervensi. Hal ini disebabkan karena dokumen yang tersedia belum sepenuhnya diterima dikarenakan subtansi dokumen yang diupload belum seluruhnya sesuai dengan yang diminta.

Kedua : Adanya keterlambatan dalam pemenuhan dokumen atau tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.


Ketiga : Beberapa area intervensi yang masih rendah. Hal ini dikarenakan pada area manajemen ASN penilaian system Merit masih rendah, kegiatan Sosialisasi anti korupsi tidak dilaksanakan karena terkendala anggaran, serta capaian sertifikasi tanah Pemerintah Daerah belum seluruhnya selesai diterbitkan sertifikat.

Meskipun demikian lebih lanjut Pj Bupati Romi Wijaya mengatakan tetap optimis bahwa nilai MCP Kayong Utara dapat ditingkatkan pada tahun 2024. Beberapa upaya yang akan dilakukan di antaranya:

Pertama memperbaiki pemenuhan dokumen MCP.

Melaksanakan koordinasi dengan pimpinan untuk menyusun rencana aksi MCP ditahun ini.

Kedua melaksanakan rapat internal terhadap persiapan pemenuhan dokumen MCP tahun 2024.

Melakukan inventarisasi kelengkapan dokumen MCP 2024.

Ketiga menyusun Rencana Aksi Tindak Lanjut Hasil SPI 2023 dan rencana aksi Layanan Publik Berintegritas.

Keempat melakukan Rapat Reviu Rencana dan Konsolidasi Pengadaan Barang dan Jasa. dan yang ke lima mengupload dokumen sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Romi berharap dengan upaya-upaya tersebut, nilai MCP Kayong Utara dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Sumber : Prokopim Setda KKU
Publisher : Darius Tarigan