Pemerintah Kabupaten Kayong Utara (Pemkab) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) bergerak cepat dalam memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat yang terkena musibah kebakaran di Dusun Sukadana, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana pada tanggal 20 Mei 2024.

Disdukcapil Kayong Utara melalui program Dukcapil Story (Support Team to be Responsibility) langsung turun ke lokasi kebakaran untuk membantu mengurus dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) yang ikut terbakar.

"Kami turun langsung pada tanggal 21 Mei 2024 untuk melakukan pelayanan jemput bola Adminduk bagi warga korban kebakaran," ujar Kepala Disdukcapil Kayong Utara, Aslinda.

Program Dukcapil Story ini merupakan inovasi baru di Disdukcapil Kayong Utara tahun 2024 yang bertujuan untuk memberikan layanan Adminduk di tempat keramaian, pelayanan prioritas, dan penduduk rentan, sekaligus dengan muatan sosialisasi Adminduk.

Selain pelayanan Adminduk, Pemkab Kayong Utara melalui BPBD dan SP3APMD juga turut memberikan bantuan kepada para korban kebakaran. BPBD memberikan bantuan berupa mie instan, beras, gula, sarden, minyak goreng, dan seng. Sedangkan SP3APMD memberikan bantuan sandang berupa peralatan dapur keluarga, tenda gulung, Familiy Kids, selimut, kasur, dan kids ware.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada para korban sebagai bentuk kepedulian dan dukungan Pemkab Kayong Utara dalam membantu meringankan beban mereka.

Pemerintah Kabupaten Kayong Utara berkomitmen untuk selalu hadir dan sigap membantu masyarakat yang terkena musibah. Sinergi dan kerjasama antar instansi terkait, seperti Disdukcapil, BPBD, dan SP3APMD, dalam memberikan bantuan dan pelayanan diharapkan dapat membantu para korban kebakaran untuk kembali pulih dari musibah ini.

Program Dukcapil Story merupakan salah satu wujud nyata dedikasi Pemkab Kayong Utara dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah, dan terjangkau bagi masyarakat. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki dokumen Adminduk yang lengkap dan sah. 

Sumber : Prokopim Setda KKU
Publisher : Darius Tarigan