Pastikan Alsintan Dalam Kondisi Baik, Babinsa Toho Lakukan Pengecekan


Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sebagai pendamping petani, Babinsa Desa Toho Ilir, Koramil 1201-05/Toho, Serda Barus, mengadakan pengecekan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), yang diserahkan oleh Kodim 1201/ Mph kepada sejumlah Kelompok Tani di Desa Toho Hilir, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Rabu (30/3/2022).


Alsintan tersebut merupakan inventaris Kodim 1201/Mph yang digunakan oleh Kelompok Tani diwilayah Koramil 05/ Toho, sehingga perlu dilakukan pengecekan terhadap kondisinya, baik secara fisik maupun nyata dilapangan.


Saat dilapangan, Serda Barus mengatakan, ada 2 (dua) kelompok tani yang menggunakan Alsintan tersebut, sehingga dirinya perlu mengecek apakah alat itu masih bisa digunakan dengan baik atau sudah rusak.


"Alat Mesin Pertanian yang diserahkan kepada kelompok tani ada dua unit, berupa Rice Transplanter (Mesin Tanam Padi), yang diserahkan kepada Poktan Dara Itam dan Poktan Baharu Mure", kata Serda Barus.


Ketika dicek, lanjutnya, kondisi kedua Alsintan tersebut masih dalam kondisi baik, dan juga masih berfungsi.


"Bantuan Alsintan ini, merupakan upaya pemerintah melalui Kodim 1201/ Mph untuk meningkatkan hasil produktifitas pertanian yang akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan petani", bebernya.


Serda Barus juga menyampaikan kepada kelompok tani, agar Alsintan yang telah diserahkan dirawat dengan baik, sehingga alat tersebut dapat bertahan lama untuk memudahkan petani dalam mengolah lahan pertanian untuk bercocok tanam.


"Fasilitas yang telah digunakan, hendaknya bisa dirawat dengan baik. Jangan sampai sia-sia. Karena yang rugi bukan hanya para petani, melainkan juga pemerintah", jelas Serda Barus.


Sementara itu, saat dikonfirmasi, Sukisno (54), ketua Poktan Baharu Mure menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa yang selalu mendorong dan memotivasi, serta tidak bosan selalu mengingatkan para petani agar merawat Alsintan dengan baik.


"Dengan adanya Babinsa yang selalu aktif mendorong dan memberi motivasi kepada para petani dalam hal pertanian, akan menambah semangat tersendiri bagi kami. Kami akan merawat Alsintan yang ada ini dengan maksimal, untuk meningkatkan hasil pertanian kami", pungkasnya.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .