RASKO LANTAMAL XII TA 2022 OPTIMALKAN TATA KELOLA KEUANGAN NEGARA


Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto memimpin secara langsung pelaksanaan Rapat Staf dan Komando Lantamal XII di Gedung Serbaguna Malayahati Mako Satrol Lantamal XII Jl. Komyos Sudarso No 1. Jeruju Kota Pontianak, Kalbar. Rasko tersebut diikuti seluruh pejabat Utama Lantamal XII, Wadan Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal, Kadis dan Kasatker, serta Para Komandan KRI/Kal Jajaran Lantamal XII. Sedangkan untuk Danlanal Ketapang serta Dan Pos yang berada di Pulau Pulau, mengikuti Rasko secara virtual melalui zoom meeting. Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta Rasko yang berlangsung di Gedung Serbaguna Malayahati Mako Satrol Lantamal XII sebelumnya telah melakukan Swab Antigen. Rabu (16/03/2022). 


Dalam kesempatan tersebut Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Staf dan Komando Lantamal XII merupakan kelanjutan dari Rapim TNI dan Rasko Koarmada I yang belum lama ini dilaksanakan. Adapun Tema Rasko Lantamal XII yaitu “Akselerasi dan Akuntabilitas Menuju TNI AL Yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural”. 


Menindaklanjuti Kebijakan Pimpinan TNI Tahun 2022, Danlantamal XII menyampaikan, kebijakan Panglima TNI serta pokok-pokok kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, mulai bidang pengawasan, bidang perencanaan dan anggaran, bidang intelijen, bidang opslat dan bidang personel, bidang logistik dan bidang komlek, serta bidang potmar dengan mengutamakan kebijakan pimpinan dengan terus membangun komitmen bersama serta saling berkoordinasi.


Pada saat Rasko dilaksanakan paparan oleh PJU sesuai dengan kewasgiatan, yang diawali dengan paparan perencanaan dan anggaran oleh Asrena, paparan Intelijen oleh Asintel, Paparan Operasi dan Latihan oleh Asops Danlantamal XII diwakili Mayor Laut Rivan Budi Santoso, S.E., M.M., Paparan Personil oleh Aspers, Paparan Logistik oleh Aslog, Paparan Potensi Maritim oleh Aspotmar dan Paparan keuangan oleh Ka Kuwil.


Adapun beberapa bidang yang dibahas antara lain bidang pengawasan yaitu komitmen bersama seluruh jajaran dalam akuntabilitas pengelolaan anggaran guna mencapai opini WTP dengan melaksanakan fungsi wasrik secara pro aktif guna mendukung percepatan implementasi agenda .


Bidang perencanaan dan anggaran meliputi probangkuat sesuai Visi & Misi TNI AL dalam rangka mencapai sasaran pertahanan matra laut berdaya gentar tinggi, dan meningkatkan efektivitas, cegah pemborosan anggaran dengan mengoptimalkan Dalgiat untuk mencegah penyimpangan, serta  lanjutkan validasi organisasi sesuai rencana yang telah disetujui.


Selesai paparan oleh masing masing kewasgiatan Danlantamal menyampaikan beberapa penekanan kepada para peserta Rasko, yang menjadi perhatian, pengelolaan keuangan negara terutama kegiatan rutin secara optimal, dan menyampaikan beberapa evaluasi kegiatan.

Hal tersebut disampaikan agar semakin baik dan optimal dalam melaksanakan tugas terutama kesetiaan dan loyalitas. Selanjutnya secara resmi komandan Lantamal XII menutup Rapat Staf dan Komando Lantamal XII.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .