Warga Kepulauan Karimata Sambut Antusias Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat




Upaya meningkatkan rasa nasionalisme kepada seluruh rakyat Indonesia Ekspedisi Rupiah Berdaulat terus mensosialisasikan cinta, bangga dan paham rupiah kepada masyarakat di pulau Pelapis, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Jumat (5/8/2022).


Acara ini dilaksanakan sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang. Dalam hal ini, pihak Bank Indonesia menjamin tersedianya uang rupiah dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi layak edar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, seluruh masyarakat yang hadir diharapkan dapat lebih mengerti tentang uang rupiah dalam arti luas.


Ketua rombongan Ekspedisi Rupiah Berdaulat dari Bank Indonesia, Hendra Desta menjelaskan, kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peredaran rupiah serta memupuk rasa cinta rakyat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, disebutkan bahwa Bank Indonesia memiliki kewenangan dan tugas untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah, mencabut dan menarik uang rupiah dari peredaran, dan memusnahkan uang rupiah yang ditarik dari peredaran serta menjamin tersedianya uang rupiah dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi layak edar sesuai dengan kebutuhan masyarakat", katanya.



Menanggapi sosialisasi tersebut, Camat kepulauan karimata menyambut baik atas kunjungan dari Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat diwilayahnya. Sehingga warganya dapat menerima manfaat dari penukaran rupiah serta peredarannya.


"Kami sangat menyambut baik sosialisasi ini ya, karena sudah dapat berkunjung ke Pulau Pelapis ini. Dan kami juga mengucapkan terima kasih atas pemberian bantuan sembako, terlebih saat ini kami menghadapi musim paceklik", ucap Camat Kepulaun Karimata saat menghadiri sosialisasi Rupiah Berdaulat.


Untuk menyasar wilayah kepulauan di Kalimantan Barat, Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat juga besrinergi bersama Lantamal XII Pontianak. Dukungan tersebut mulai dari personil dan KRI. Karena misi dari Ekspedisi ini sangat penting, salah satunya meningkatkan peredaran uang dilapisi masyarakat sebagai alat penunjang perekonomian bangsa. 

Kadiv Navkom KRI Sembilang 850 Lantamal XII Pontianak, Letda Laut (P) Adolf Adrianus menyampaikan, kehadiran Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat disambut antusias oleh masyarakat. Menurutnya, ini salah satu bukti bahwa nasionalisme rakyat masih terjaga.



"Sesuai arahan dari pimpinan Angkatan Laut, khususnya Lantamal XII maka kita bersama Bank Indonesia mendatangi beberapa pulau untuk melaksanakan sosialisasi. Kami memberikan dukungan pengamanan, karena pada Ekspedisi ini juga membawa rupiah untuk ditukarkan dan diedarkan sebagai penunjang perekonomian warga.

Sehingga kami menurunkan juga KRI pada Ekspedisi ini", tuturnya.


Ditambahkan, sosialisasi cinta, bangga dan paham rupiah ini disambut baik oleh masyarakat.

Acara ini juga dirangkai dengan pemberian bantuan sembako kepada warga masyarakat.



Penulis : Darius Tarigan

(Media Baru TVRI Kalbar) 






0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .