Kegiatan Launching Desa Sadar Kerukunan dilaksanakan di halaman Kantor Camat Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya, Kamis (1/12/2022).


Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Achmad Fathoni mengatakan, kerukunan adalah modal, karena dengan kerukunan masyarakat bisa beribadah dengan baik, bisa bekerja dengan baik, bisa belajar dengan baik, bisa bersosialisasi dengan baik, dan dengan rukun dapat menciptakan berprestasi.


Selanjutnya, Kemenag Kubu Raya, H. Ruslan, S.Ag., M.A., menambahkan, bahwa semakin hari setiap orang dituntut selalu bijak dalam menghadapi tantangan dalam hal sosial kemasyarakatan, bila masyarakat rukun, maka tingkat kesejahteraan dapat meningkat.


Pada kesempatan itu juga Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, Dr. Muhajirin Yanis, M.Pd.i mengungkapkan, dalam menjaga persatuan, warga perlu membentuk kepengurusan desa sadar kerukunan sebagai upaya menjaga toleransi antara pemeluk agama sehingga tercipta kondisi sosial kemasyarakatan yang kondusif.


“Melalui program desa sadar kerukunan ini diharapkan dapat mendorong semua unsur mulai dari perangkat desa sampai seluruh elemen masyarakat untuk saling bersinergi dalam menjaga kerukunan antara umat beragama yang sudah terbina baik selama ini”, terangnya


Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, S.E., M.Sos., menerangkan, kerukunan menjadi sangat penting karena ini pangkal semua proses yang baik-baik pada masa yang akan datang.


"Berawal dari kerukunan, kedamaian, tidak ada kesejahteraan tanpa kerukunan, tidak ada kehidupan yang baik di depan kita kalo tidak diawali dengan kedamaian”, jelasnya.



"Saya sangat berterimakasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang menyukseskan acara ini terlebih untuk Kementerian Agama Provinsi Kalbar, Kubu Raya dan FKUB Kubu Raya", imbuhnya.


Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade menerangkan, ini adalah program yang sangat baik dimana tantangan ke depan sangat berat dan sangat kompleks.


"Bahwa pada dasarnya kami Polres Kubu Raya sangat mendukung program Desa Sadar Kerukunan yang diadakan oleh FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Kubu Raya", ungkapnya.


Kegiatan tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, S.E., M.Sos., Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, Dr. Muhajirin Yanis, M.Pd.i, Kemenag Kubu Raya, H. Ruslan, S.Ag., M.A., Ketua FKUB Kubu Raya, Achmad Fathoni, Camat Rasau Jaya, SAGI S.E., Pabung Kubu Raya, Let. Kol. Alamsyah, Kapolsek Rasau Jaya, Iptu Andika Wahyutomo P., S.Tr.K., S.I.K., M.H., Para Kepala KUA seKubu Raya, Para Kepala Desa Sekecamatan Rasau Jaya, Para Tokoh Agama Rasau Jaya dan Para Tokoh Masyarakat Rasau Jaya.


Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :

Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya

Email polreskuburaya@gmail.com

WhatsApp 08115684456


Sumber : Humas Polres Kubu Raya
(Media Baru TVRI Kalbar)